Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Kesalahan yang Dilakukan saat Menjalankan Bisnis Kecil

5 Kesalahan yang Dilakukan saat Menjalankan Bisnis Kecil


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Seperti yang kita ketahui bahwa menjalankan bisnis tidak pernah semudah yang kita bayangkan. Apalagi jika bisnis kita masih terlalu sangat kecil, sehingga sangat rentan dengan gangguan dan rintangan yang bisa datang secara tiba-tiba untuk melenyapkan bisnis kita. Duh, jangan sampai terjadi ya! Inilah mengapa kita sangat memerlukan strategi yang matang dalam menjalankan bisnis, dan tentunya belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain dalam menjalankan bisnis mereka. 
 
Pengalaman yang mereka bagikan kepada kita akan menjadi hal yang sangat berharga, karena kita tidak perlu merasakan kegagalan atau kesalahan yang mereka lakukan. Hanya dengan mendengarkannya dengan seksama dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhi kesalahan-kesalahan tersebut. Bagi rekan-rekan Career Advice yang baru atau sedang menjalankan bisnis kecil Anda, artikel ini mungkin akan sangat berguna dan pas untuk dibaca. 
 
Artikel ini menyarankan kita untuk menjauhi 5 kesalahan yang dilakukan ketika seseorang menjalankan bisnis kecil mereka, hal ini membuat kesalahan-kesalahan tersebut harus kita hindari demi meraih kesuksesan bisnis yang kita inginkan. Apa saja sih kesalahan yang perlu kita hindari? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Terlalu Terburu-buru dalam Menjalin Kemitraan Bisnis.

Seringkali para pebisnis pemula menjadi sangat terobsesi untuk memperluas bisnis mereka dengan sangat cepat. Jika ada penawaran dari perusahaan atau pihak lain untuk menjadi mitra bisnis kita, seakan kita ingin menjawab “Ya, kami mau!” dengan secepat kilat. Ups! Tahan dulu ya. Nyatanya memilih mitra bisnis yang terbaik tidak semudah yang kita bayangkan.
 
Apalagi mengingat bisnis kita yang masih terbilang sangat muda umurnya, kita perlu sangat berhati-hati dalam menjalin kemitraan dengan mitra bisnis manapun. Jangan sampai situasi kita yang baru menjalankan bisnis ini menjadi bahan ‘permainan’ mereka. 
 
Jangan hanya karena mitra bisnis yang datang kepada kita adalah perusahaan yang dipimpin oleh sahabat kita atau salah satu orang terdekat kita, lalu kita menyetujuinya dengan cepat. Dan, jangan setujui mitra bisnis dengan begitu cepat, hanya karena calon mitra bisnis kita adalah perusahaan besar dan terkenal. Kita perlu ingat bahwa segalanya perlu pertimbangan yang sangat matang. 
 
Ada tiga ciri utama mitra bisnis yang baik. Pertama, calon mitra bisnis Anda sangat mengerti dan menghargai visi misi bisnis yang rekan pembaca miliki, dan begitu juga sebaliknya. Kedua, calon mitra bisnis memiliki keterampilan yang berbeda dengan rekan pembaca, namun antara pihak rekan pembaca dan mitra bisnis sama-sama saling melengkapi. Ketiga, kedua belah pihak dapat menciptakan konflik, namun hal ini memaksa rekan pembaca dan calon mitra bisnis untuk saling mempertahankan naluri bisnis, sehingga konflik yang terjadi dapat disebut sebagai konflik baik. 
 

2. Terlalu Mudah Menyerah. 

Tidak ada pelaut ulung yang hanya berlayar di ombak yang kecil atau datar, sama halnya dengan kesuksesan di dunia bisnis. Tidak akan ada pebisnis sukses dan hebat, jika mereka belum pernah menghadapi rintangan besar selama karier mereka. Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pebisnis pemula adalah terlalu mudah menyerah dalam menyikapi rintangan-rintangan bisnis. 
 
Menjalankan bisnis menjadi sebuah perusahaan bukanlah sebuah tujuan akhir. Namun, ini merupakan perjalanan panjang yang tiada akhir, penuh dengan rintangan, dan berliku-liku. Jadi, sebagai pebisnis yang baru menjalankan bisnis kecil kita, menikmati proses bisnis adalah hal yang perlu kita lakukan. 
 
Keluarlah dari segala ketakutan, kekhawatiran dan rasa ingin menyerah, semua itu tidak akan membawa bisnis kecil kita menjadi bisnis yang hebat di dunia. Kita lah yang akan menjadikan bisnis kecil kita menjadi luar biasa.
 

3. Melupakan Alasan Utama dalam Memulai Bisnis. 

Ketika segalanya terasa sangat sulit dan rumit, seringkali kita lupa tentang apa tujuan utama kita dalam menjalankan bisnis. Meskipun bisnis kita masih terbilang sangat muda umurnya, namun tetap berteguh dengan tujuan awal sangatlah penting. Selalu mengingat-ingat tujuan utama dapat membantu kita untuk terus maju ke depan tanpa menyerah dengan keadaan. Jangan lupa untuk selalu ingat bahwa perjalanan kita masih sangat panjang untuk meraih kesuksesan bisnis. 
 

4. Melakukan Segala Hal Sendirian. 

Kebanyakan orang ketika memulai bisnis kecil mereka akan tergoda untuk melakukan segala hal sendirian. Mereka merasa bahwa “hanya saya yang paling memahami bisnis ini” atau “hanya saya yang mampu menjalani ini semua, saya takut jika orang lain malah akan menghancurkan segalanya”. 
 
Percayalah, tidak ada kesuksesan yang bisa diraih sendirian, semuanya perlu doa dan dukungan dari orang-orang di sekitar kita. Mungkin kita akan merasa sayang atau rugi jika merekrut beberapa karyawan di awal bisnis, namun kenyataannya kita sangat memerlukan bantuan mereka dalam menjalankan bisnis kecil kita ini. 
 
Bersikap hemat dengan mengontrol keuangan kita memang sangat penting, namun menimbun uang dengan membiarkan diri kita mengerjakan segala hal hanya akan membuat kita menjadi kewalahan dan kesehatan menjadi terancam. Jangan biarkan itu semua menjadi hal yang mengganggu tujuan bisnis kita ya. 

5. Cepat Merasa Puas dan Berhenti Belajar. 

Meskipun masih terbilang sangat baru, namun bisnis kita sudah memberikan hasil yang menakjubkan, dan kita merasa cepat puas dengan hasil bisnis kita saat ini. Waduh, ini situasi yang perlu kita hindari ya, rekan-rekan Career Advice. 
 
Ada begitu banyak pebisnis yang cepat merasa puas dengan usaha mereka, namun pada akhirnya bisnis mereka menjadi jatuh karena mereka tidak pandai membaca situasi persaingan yang ada di dalam dunia bisnis. Selama ini, mereka selalu menganggap bahwa bisnis mereka adalah yang terbaik daripada yang lain. 
 
Tidak hanya itu, sikap tidak ingin belajar dan berkembang untuk menjadi yang lebih baik juga perlu kita hindari. Belajar adalah proses yang akan selalu berlanjut sampai kapanpun. Kita perlu memperbaharui diri kita setiap harinya untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Jadi jangan berhenti belajar ya, rekan-rekan pembaca yang hebat. 
 
Intinya, ada 5 kesalahan yang perlu kita hindari ketika menjalankan bisnis kecil kita, agar kita tidak terperangkap dengan kesalahan-kesalahan yang sudah dihadapi oleh para pebisnis sebelumnya. Yuk kita coba jauhi 5 kesalahan di atas mulai dari sekarang. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.