Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Menghadapi Kesulitan

3 Cara Menghadapi Kesulitan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Banyak klien datang kepada saya meminta nasihat tentang cara mendapatkan motivasi yang lebih banyak. Hal ini tidak mengherankan, karena memang banyak sekali orang yang kehilangan motivasi bekerja mereka. Saat menghadapi kesulitan, kebanyakan dari kita merasa ingin menyerah di tengah jalan, sampai lupa dengan tujuan awal mereka memulai. Jadi, apa yang sebaiknya Anda lakukan? 
 

1. Luruskan Niat dan Mulai Bekerja 

Anda perlu meluruskan niat awal mengapa Anda memulai pekerjaan tersebut. Hal ini sangat penting agar saat Anda menemukan kesulitan dan tantangan yang berat, Anda tidak akan mudah untuk menyerah. Hidup tidak akan menawarkan kebahagiaan setiap waktu, yang Anda perlukan adalah memperteguh niat dan tujuan Anda dan mulai untuk bekerja. Anda juga perlu meyakini bahwa segala sesuatu akan tumbuh dari aktivitas itu sendiri. Jika Anda belum mendapatkan ide yang cemerlang, mulai saja dulu dan jangan buang waktu Anda. Jangan hanya menunggu ide dan mengulur waktu untuk bekerja. 
 
Ubah motto hidup Anda “Ide datang, maka saya akan memulai bekerja” dengan “Saya akan memulai sekarang dan ide-ide cemerlang akan menghampiri saya.”
 

2. Buat Cara Kerja Anda Sendiri

Ada banyak strategi yang dapat Anda terapkan ke dalam sistem kerja Anda. Saran saya, buat daftar mimpi-mimpi hidup Anda yang dapat menjadi pemicu untuk mengingatkan Anda agar selalu semangat bekerja setiap hari. Misalnya, daftar tugas, penjadwalan (kapan Anda memulai tugas kerja dan kapan tenggat waktunya) dan hasil yang akan Anda raih jika Anda mampu melaksanakannya.
 
Mulai dari langkah yang kecil dan lakukan hal tersebut secara konsisten. Tidak perlu menambah beban kerja Anda yang lain jika Anda belum konsisten melakukan langkah kecil di awal.
 
Mulai upaya kecil Anda dan jangan bilang tidak. Ini adalah salah satu jurus ampuh agar segala pekerjaan yang Anda miliki dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Selain itu, Anda juga perlu mengecek kemajuan kerja Anda. Sudah sejauh mana Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan Anda dengan tepat waktu dan tetap termotivasi dengan baik. 
 
Beri hadiah kecil untuk diri Anda sendiri jika Anda menemukan banyak kemajuan yang telah Anda raih. Ini sangat penting, tidak perlu hadiah yang mahal namun yang cukup spesial bagi Anda dan membuat Anda untuk tetap semangat bekerja. 
 
Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat. Kita akan terbawa oleh tujuan, emosi, dan sikap orang-orang yang paling sering kita habiskan waktu bersama. Pilih lingkaran sosial Anda dengan bijaksana.

3. Bersiap untuk menghadapi kegagalan. 

Anda harus bersiap untuk menghadapi kegagalan yang mungkin nanti akan terjadi. Lakukan pengecekan mingguan untuk melihat usaha apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Adopsi pandangan bahwa kemunduran adalah hal yang lebih berharga daripada kegagalan. Semua strategi sangat baik untuk diterapkan pada umumnya, tetapi Anda harus bereksperimen untuk mencari tahu mana yang paling efektif untuk Anda.
 
“Saat Anda mengubah identitas diri Anda, sebenarnya Anda sedang mengubah hidup Anda”
 
Jadi, mengandalkan motivasi bukanlah satu-satunya langkah yang tepat untuk Anda menyelesaikan semua pekerjaan dengan tepat waktu. Anda juga tidak perlu menunggu ide-ide cemerlang dengan waktu yang lama. Cukup luruskan niat dan tujuan Anda, buat cara kerja Anda sendiri dan mulailah bekerja. 
 
Sekarang Anda bukan lagi tipe orang yang membutuhkan motivasi untuk mewujudkan sesuatu. Sebaliknya, Anda adalah tipe orang yang tidak peduli kapan ide itu akan datang, namun Anda menjadi orang yang terus maju ke depan, memulai pekerjaan Anda dan terus termotivasi. 
Featured Career Advice
Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

Self Improvement