Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Mengetahui Kepintaran Anda Dalam Melakukan Pekerjaan

3 Cara Mengetahui Kepintaran Anda Dalam Melakukan Pekerjaan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Ya, mungkin judul artikel ini membuat orang yang membacanya mengangkat alis mereka. Beberapa orang beranggapan jika kita merasa pintar dengan pekerjaan yang kita miliki saat ini, sama saja seperti menganggap diri kita hebat atau merasa sombong. Saya mengerti bahwa beberapa orang berpikir ketika mereka memilih suatu pekerjaan, mereka menginginkan otot-otot otak mereka berpikir keras dan dapat memecahkan masalah-masalah sulit, sebagaimana yang dilakukan oleh orang-orang pintar lainnya. 
 
Jadi bagaimana caranya agar Anda tahu apakah Anda terlalu pintar untuk pekerjaan saat ini atau tidak?
 

1. Memiliki Tugas Kerja yang Sama

Melakukan hal yang sama dan berulang-ulang kali dikerjakan dengan cara yang sama, memang membuat seseorang menjadi jenuh. Bahkan bukan hanya itu saja, pekerjaan yang seperti itu tidak akan memberikan Anda ruang untuk berkembang dan menapaki kemampuan lain yang mungkin dapat Anda lakukan. Situasi seperti ini tidak memungkinkan Anda untuk memperluas keterampilan Anda dalam waktu dekat. Jika Anda merasa sangat perlu untuk menjajaki keterampilan lainnya, mungkin Anda bisa berpikir untuk beralih ke pekerjaan lain yang lebih menantang. 

2. Apakah Anda Memiliki Seorang Mentor Hebat di Kantor?

Saya sangat setuju bahwa bergaul dengan orang pintar akan membuat kita menjadi lebih pintar. Jika di tempat kerja Anda, Anda tidak menemukan siapapun yang benar-benar Anda kagumi ilmu serta keterampilannya atau Anda benar-benar tidak dapat menemukan sosok mentor yang pengalamannya dapat Anda pelajari. Hal itu menandakan bahwa Anda sedang berada di zona yang kurang tepat untuk perkembangan diri Anda. 
 
Tanyakan kepada diri Anda: “Dengan siapa saya dapat berdiskusi masalah yang serius? Siapa yang menstimulasi saya secara mental di tempat kerja? Siapa yang dapat saya cari untuk mendapatkan ilmu yang lebih?” Jika jawabannya tidak ada, saatnya untuk mulai mencari pekerjaan yang lebih menantang untuk perkembangan diri dan karier Anda.

3. Tidak Ada Visi yang Jelas dari Atasan Anda

Sulit untuk dapat maju menjadi lebih baik jika Anda tidak tahu apa yang sedang Anda kerjakan kecuali, Anda sudah sangat maju dalam karier Anda. Sebuah visi untuk tim, departemen, atau perusahaan Anda harus datang dari atasan atau manajer Anda sendiri. Namun, jika Anda tidak mendapatkan ‘suntikan semangat’ dari atasan Anda mengenai arah organisasi atau institusi Anda, maka berpikirlah untuk kedua atau ketiga kalinya, apakah Anda masih akan tetap bertahan di posisi yang sama atau tidak?
 
Demikian tiga tanda utama yang harus Anda perhatikan untuk mengidentifikasi apakah Anda adalah seseorang yang terlalu pintar untuk pekerjaan Anda atau tidak? Artikel ini tidak bermaksud untuk membuat diri Anda menjadi seseorang yang sombong namun, ini sebagai indikator apakah Anda memerlukan pekerjaan lain yang dapat menunjang perkembangan diri Anda atau tidak. 
Featured Career Advice
Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

Self Improvement

Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja