Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 2 Cara Mengatasi Kebosanan Dalam Pekerjaan

2 Cara Mengatasi Kebosanan Dalam Pekerjaan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Anda dapat menemukan makna dalam pekerjaan apa pun, sekalipun Anda merasa pekerjaan Anda merupakan hal yang menyebalkan. Cobalah bertanya kepada sahabat Anda makna pekerjaannya bagi dirinya, dan Anda mungkin akan tertawa mendengar jawaban sahabat Anda. Ada sesuatu yang sangat berharga dalam mendiskusikan makna pekerjaan seseorang, terkecuali tentang pekerjaan orang-orang di luar sana yang menyelamatkan dunia.
 
Kebanyakan kita datang ke kantor dan bekerja selama delapan atau sembilan jam tanpa melakukan banyak peregangan dan menghirup udara segar. Tidak peduli seberapa besar gaji dan juga gelar yang Anda miliki. 
 
Anda tidak perlu mengarahkan pandangan Anda pada satu hal yang sebenarnya, jika Anda mencoba untuk melakukan hal itu, Anda mungkin akan membuat diri Anda gila. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan hal-hal yang Anda pedulikan. 
 
Mencari tahu hal yang Anda pedulikan akan memberi Anda tuntunan dan arah tujuan yang Anda inginkan. Anda perlu memahami hal yang menyebabkan Anda bangun di pagi hari dan juga hal yang ingin Anda lakukan untuk dunia. Bagaimana Anda akan membuat dampak? Bagaimana Anda bisa menempatkan bakat dan talenta yang Anda miliki dapat digunakan dengan baik? Ini bukan hanya tentang melakukan yang Anda sukai, juga sebenarnya bukan tentang mendarat di satu hal saja. 
 
Mungkin Anda adalah seorang yang membuat konten pemasaran yang ingin mulai menggunakan keterampilan penelitian data Anda lebih untuk menghasilkan strategi-strategi baru dalam pemasaran, atau mungkin Anda telah bekerja di bidang sumber daya manusia dan memiliki keinginan untuk bekerja dengan organisasi dalam membenahi difungsional yang berada pada sebuah departemen. 
 
Bagaimana Anda dapat menemukan tujuan dan makna dari pekerjaan Anda? Lalu, apa yang dapat Anda lakukan jika pekerjaan Anda terasa sangat menyebalkan? Perlukah Anda berjuang untuk memecahkannya?
 

Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah temukan tujuan Anda.

Tiga hal yang akan dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi tujuan Anda secara akurat adalah kepribadian, minat, keterampilan. Lalu setelah Anda menemukan tujuan tersebut, Anda dapat menemukan cara untuk mengintegrasikan tujuan Anda ke posisi Anda saat ini. Buatlah daftar yang berisikan tentang kepribadian, minat dan juga keterampilan yang Anda miliki. Anda dapat menghubungkan ketiga hal ini untuk menemukan pekerjaan seperti apa yang sangat relevan dengan Anda. Sehingga ketika Anda menjalankannya, Anda benar-benar memberikan yang versi terbaik dari diri Anda dan hidup Anda akan benar-benar bermakna. 
 

Kedua, temukan momen terobosan Anda. 

Momen disaat Anda memanfaatkan peluang dan potensi untuk menemukan hal yang menyebabkan Anda melakukan pekerjaan Anda saat ini dan hal yang ingin Anda berikan kepada dunia. Ini bukan tentang memulai perusahaan Anda sendiri. Ini bukan tentang mengambil cuti setahun untuk melakukan perjalanan keliling dunia. Ini bukan tentang mencoba untuk mengubah bidang pekerjaan atau industri pekerjaan Anda. Ini adalah momen Anda mengidentifikasi dan kemudian merangkul tujuan Anda. Ini adalah praktik yang sedang berlangsung. Ini merupakan tindakan yang Anda lakukan untuk mulai berkomitmen pada sesuatu yang sangat Anda pedulikan, sesuatu yang memberikan makna pribadi kepada Anda dan memungkinkan Anda untuk membagikan setiap potensi-potensi besar yang ada pada diri Anda kepada orang lain.
 
Tetapi, Anda harus ingat, Janganlah berfokus pada mencari tahu alasan Anda, lalu merasa khawatir tentang satu jawaban. Anda dapat mengajukan pertanyaan yang lebih banyak untuk mendapatkan jawaban yang tepat, seperti: Apa yang Anda pedulikan? Apa yang membuatmu bersemangat? Ketidakadilan apa yang membuat Anda marah? Jenis orang seperti apa yang Anda sukai untuk menghabiskan waktu bersama? Jenis artikel apa yang Anda posting di Facebook? Tantangan apa yang layak untuk Anda terima, bukan untuk seluruh hidup Anda, tetapi sekarang? 
 
Sejatinya, Anda tidak akan pernah mendapatkan apa pun atau mencapai apa pun jika Anda tidak berusaha. Anda harus mampu untuk menemukan metode dalam menemukan jalan Anda sendiri, menemukan pekerjaan yang Anda pedulikan, dan membangun kehidupan yang memiliki makna bagi diri Anda. Sehingga, ketika Anda melakukannya, Anda akan selalu memberikan yang terbaik dari diri Anda dan juga hidup Anda menjadi lebih bahagia, ya, karena Anda melakukan sebuah pekerjaan yang menjadi kesukaan Anda. Jangan berharap bahwa atasan Anda akan menulis memo yang menggambarkan bagaimana peran Anda dapat lebih bermakna. Itu semua ada di tangan Anda. Anda adalah satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda, jadi temukanlah tujuan dan juga momen terobosan Anda. Dapatkanlah makna yang berarti dari setiap hal yang Anda lakukan dalam hidup Anda.