STUDILMU Career Advice - Jangan Menyerah

Jangan Menyerah


by Studilmu Editor
Posted on Mar 13, 2019

 
Saya mengerti bagaimana rasanya merasa tidak percaya diri karena tidak ada kemajuan luar biasa yang terjadi pada karier. Semua tujuan yang sudah kita usahakan terasa sangat sulit untuk dicapai sehingga, kita merasa segala hal yang dikerjakan tidak pernah berhasil.
 
Ada satu hal penting yang harus pembaca Career Advice ketahui bahwa kita harus memiliki mental yang kuat layaknya pohon bambu. Kenapa harus pohon bambu? Saya memiliki seorang sahabat, dia adalah seorang penulis yang lama tinggal di Jepang. Ya, Jepang memang terkenal sebagai Negeri Tirai Bambu. Selama dia tinggal di sana, dia menyadari satu filosofi hidup yang penting untuk semua orang yang sedang berjuang untuk mencapai kesuksesan. Ketakutan serta kegelisahan yang kita rasakan sekarang adalah hal yang normal. Namun, saya percaya dengan apa yang dikatakan oleh sahabat saya bahwa kita harus belajar dari pohon bambu. Lima tahun setelah benih pohon bambu ditanam, kita tidak akan menemukan apa-apa dari benih pohon bambu tersebut. Kita hanya akan melihat sebuah tunas kecil yang tumbuh, dan bahkan untuk melihat tunas kecil tersebut kita memerlukan waktu lima tahun lamanya. Wah, lama juga ya. 
 
Bagi rekan-rekan pembaca yang baru mengetahui fakta pohon bambu ini, mungkin akan terkejut. Faktanya, benih pohon bambu tersebut memperkuat akar-akarnya di bawah tanah dan tentu saja tidak dapat terlihat secara langsung. Memang perlu waktu yang sangat lama untuk pohon bambu tumbuh menjulang ke atas. Perlu waktu berpuluh-puluh tahun untuk itu, namun hasilnya adalah pohon bambu adalah salah satu pohon yang bertahan keberadaannya sampai berpuluh-puluh tahun lamanya. 
 
Itulah mengapa kita tidak boleh menyerah dengan cepat saat tidak menemukan keberhasilan yang luar biasa di dalam karier. Jadilah seperti pohon bambu yang mungkin memerlukan waktu sangat lama untuk tumbuh ke atas, namun sebenarnya sedang membangun kekuatan di dalam tanah tanpa diketahui banyak orang. 
 
Ada beberapa hal yang perlu kita ingat agar hati selalu merasa tenang walaupun kita merasa tidak ada kemajuan sama sekali. Yuk, kita simak beberapa poin di bawah ini bersama-sama.
 
Definisi Kesuksesan yang Berbeda
Saat kita merasa tidak ada kemajuan di dalam hidup, bisa jadi ini hanya pemikiran kita saja. Belum tentu orang lain menganggap bahwa kehidupan kita tidak memiliki prestasi apapun. Rekan-rekan pembaca pasti pernah merasa bahwa kehidupan orang lain jauh lebih ‘wah’ dari kehidupan kita. Namun, orang lain ternyata malah sangat menginginkan kehidupan yang kita miliki sekarang. 
 
Bersabarlah seperti pohon bambu yang kuat dan berdiri kokoh. Mereka tidak pernah merasa iri dengan pohon lain yang hanya memerlukan sedikit waktu untuk tumbuh tegap. Mereka fokus dengan pertumbuhan dan perkembangan diri mereka sendiri. 
 
Terus Berusaha Maju, Meskipun Kita Merasa Mandek
Perasaan yang mandek sebenarnya terjadi karena sesuatu terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Akhirnya kita merasa putus asa, seakan-akan apa yang kita lakukan tidak menghasilkan apa-apa. 
 
Jangan khawatir, sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, selalu memberikan “warna lain” di dalam hidup kita. Tuhan selalu tahu apa yang terbaik untuk kita. Sebenarnya, kita sedang diarahkan ke jalan yang jauh lebih baik dari rencana awal. Jadi, saat kita merasa mandek dan putus asa karena tidak ada kemajuan apapun, bertenang. Tarik nafas sedalam-dalamnya, rileks dan teruslah maju demi peningkatan diri. Tanpa disadari, kepahitan hidup akan membawa kita kepada kesuksesan. 
 
Bersaing dengan Diri Kita Sendiri
Cukup! Berhenti membanding-bandingkan diri kita dengan segala pencapaian yang dimiliki orang lain. Bisa jadi, kita merasa tidak ada kemajuan karena kita sibuk melihat pencapaian orang lain, dan tidak sadar bahwa kita sebenarnya telah melangkah maju. Jadi, sudah tahu ya, mulai sekarang kita semua perlu melupakan apa yang orang lain miliki, dan bersaing dengan diri kita sendiri saja. 
 
Yap itu dia beberapa poin yang perlu selalu kita ingat, jika pembaca Career Advice bertanya pada diri sendiri “haruskah menyerah saat merasa tidak ada kemajuan apapun di dalam karier?” jawabannya adalah jangan menyerah. Kemenangan milik mereka yang mampu untuk bertahan dan berjuang sampai akhir. 

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif