×
STUDILMU Career Advice - Menghadapi Generation Gap di Lingkungan Kerja
Generation Millennials & Z

Menghadapi Generation Gap di Lingkungan Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa Keuntungan dari Generation Gap atau Perbedaan Generasi di Tempat Kerja?
Perbedaan dan variasi generasi di tempat kerja seringkali membuat perpecahan di dalam organisasi, tetapi tidak hanya hal-hal buruk yang terjadi, namun ada keuntungan dari kesenjangan generasi, yaitu:
1.  Mendorong inovasi
Sebuah studi oleh Forbes Insights di antara lebih dari 300 perusahaan global besar menunjukkan bahwa keragaman adalah pendorong utama inovasi. Serangkaian pengalaman, perspektif, dan latar belakang yang beragam sangat penting untuk inovasi dan pengembangan ide-ide baru.


2.  Keragaman keterampilan
Penelitian telah menyebutkan bahwa Baby Boomers lebih banyak menggunakan panggilan telepon dan e-mail untuk membangun hubungan dan memperkuat keterampilan interpersonal mereka. Generasi muda cenderung memiliki keterampilan digital yang lebih kuat. Keuntungan keragaman tenaga kerja multigenerasi adalah setiap generasi dapat membawa keterampilan yang berbeda juga. Seringkali, keterampilan ini akan saling melengkapi yang menciptakan peluang besar untuk ikatan tim antar generasi.


3.  Memiliki banyak perspektif
Cara berpikir tiap generasi yang berbeda-beda tentang dunia dan tempat kerja. Setiap generasi akan memiliki proses berpikir yang berbeda. Oleh karena itu, tenaga kerja multi generasi akan menjadi sumber perspektif yang berbeda-beda tentang setiap subjek dan ide yang muncul. Hal ini dapat saling memperkaya pola pandang bersama.


4.  Menguji masa depan tenaga kerja
Banyak organisasi berpikir tentang masa depan. Dan saat ini dikenal sebagai dunia digitalisasi yang cepat. Banyak orang yang memasuki masa pensiun, dan luasnya pasar rekrutmen yang sebagian besar didorong karena banyaknya kandidat.
Kabar baiknya adalah, situasi ini dapat menjadi contoh yang bagus tentang bagaimana organisasi dapat mengambil manfaat dari perbedaan generasi di tempat kerja.
Memiliki tenaga kerja multigenerasi memungkinkan perusahaan meluncurkan inisiatif seperti program mentoring dua arah. Bakat yang matang dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilannya dengan generasi muda dan sebaliknya.
Pendampingan semacam ini, terutama ketika bagian dari perencanaan tenaga kerja strategis yang baik, dapat memastikan transfer keterampilan yang bermanfaat. Di satu sisi, Anda memiliki sekelompok karyawan yang lebih muda yang sepenuhnya siap untuk mengambil alih ketika saatnya tiba.


5.  Sebuah keunggulan kompetitif
Tenaga kerja multigenerasi memberi Anda keunggulan kompetitif. Memiliki beberapa generasi yang bekerja di organisasi Anda membuat perusahaan Anda lebih menarik bagi calon karyawan yang lebih luas, calon pelanggan dan kandidat. Di saat keragaman gender, etnis, dan tingkat usia menjadi topik hangat, dengan adanya multigenerasi di perusahaan jelas merupakan nilai tambah bagi perusahaan tersebut.


6.  Performa dan produktivitas yang lebih baik
Menurut penelitian, bahwa keragaman generasi dapat meningkatkan kinerja organisasi dan praktik SDM yang meningkatkan iklim keragaman usia di sebuah perusahaan. Hal ini berpotensi untuk lebih meningkatkan kinerja karyawan dan mengurangi pergantian karyawan. Menurut penelitian yang sama, baik pekerja yang lebih tua maupun yang lebih muda lebih produktif di perusahaan dengan tim kerja yang beragam.

Setiap generasi memiliki berbagai macam keterampilan, keyakinan, dan kompetensi uniknya sendiri dan bersama-sama mereka dapat mendorong organisasi dan masyarakat menuju pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jadi, mari kita mulai merangkul perbedaan generasi di tempat kerja sekarang!

 


Source:
https://www.paychex.com/articles/human-resources/how-to-manage-multiple-generations-in-the-workplace
https://www.aihr.com/blog/generational-differences-in-the-workplace/
https://www.entrepreneur.com/article/370021
https://www.forbes.com/sites/forbeshumanresourcescouncil/2018/12/18/bridging-the-workplace-generation-gap-through-tech-design-and-leadership/?sh=3e51854339ab
 

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice