×
STUDILMU Career Advice - Analisis Persoalan Potensial
Self Improvement

Analisis Persoalan Potensial

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai makhluk hidup kita pasti akan berhadapan dengan berbagai masalah atau persoalan. Persoalan-persoalan tersebut tidak pernah kita ketahui kapan, di mana, dan bagaimana akan terjadi. Namun demikian, kita sebagai manusia harus bisa berpikir kritis, aktif, dan memiliki solusi-solusi agar dapat mengantisipasi berbagai persoalan yang sedang terjadi atau bahkan persoalan-persoalan yang mungkin akan terjadi di waktu mendatang. Itu artinya kita harus dapat menganalisis persoalan potensial.

 

Apa yang dimaksud dengan Persoalan Potensial?

Analisis persoalan potensial adalah cara beripikir atau proses berpikir rasional yang didasarkan pada antisipasi diri kita terhadap peristiwa yang mungkin akan terjadi dan yang dapat terjadi dimasa yang akan datang di kehidupan kita. Proses ini memungkinkan kita untuk dapat lebih melihat apa yang mungkin akan terjadi di masa depan kita yang diakibatkan dari apa yang telah kita lakukan di masa kini ataupun masa lalu. Hal ini memampukan kita memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan lalu kita berpikir dan melihat di masa kini untuk mengambil tindakan, baik itu tindakan pencegahan atau tindakan perbaikan selagi masih memungkinkan.

 

Seberapa Pentingnya Analisis Persoalan Potensial?

Analisis persoalan potensial sangat penting untuk dilakukan agar dalam pengambilan keputusan dapat memperhitungan dan siap dengan kemungkinan risikonya. Selain itu banyak manfaat yang bisa didapat ketika kita memiliki kemampuan dan berkeinginan untuk dapat menganalisis persoalan potensial.

 

Manfaat Pentingnya Analisis Persoalan Potensial

  • Dapat mengenali masalah, memperjelas detail, dan penyebab-penyebab dari masalah tersebut serta dapat memprioritaskan masalah-masalah yang ada atau bahkan masalah yang mungkin akan terjadi.
  • Dapat memilih dan menyaring informasi yang relevan, terkini, dan akurat sebagai bahan pertimbangan tindakan antisipasi ketika persoalan muncul.
  • Dapat menyusun dan menentukan rencana tindakan untuk mengantisipasi kegagalan dari setiap rencana tindakan yang telah dipikirkan dan disusun sebelumnya.
  • Dapat membuat keputusan yang didasari oleh sasaran atau tujuan yang realistis dengan mempertimbangkan semua konsekuensi yang mungkin terjadi.

 

Setelah kita mengetahui pengertian dan betapa pentingnya analisis persoalan potensial, maka kita perlu mengetahui langkah-langkah atau alur proses untuk dapat melakukan analisis persoalan potensial.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice