×
STUDILMU Career Advice - Memaksimalkan Pengembangan Karyawan Dengan Menggunakan Metode Online
Tips of Management

Memaksimalkan Pengembangan Karyawan Dengan Menggunakan Metode Online

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Karyawan merupakan modal atau aset penting yang memiliki pengaruh untuk memajukan perusahaan. Dengan memiliki karyawan yang berkualitas dan kompeten di bidangnya dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan seperti meningkatkan produktivitas pekerjaan, memberi ide baru untuk perusahaan, membangun citra positif perusahaan, memiliki keunggulan bersaing, dan lain sebagainya. Namun untuk membentuk karyawan yang berkualitas dan kompeten, tentunya perusahaan harus memberikan pengembangan kepada karyawannya baik itu soft skill ataupun hard skill.

Pelatihan karyawan merupakan kesempatan besar bagi karyawan untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan meningkatkan keterampilan kerja agar lebih efektif di tempat kerja. Ada beberapa alasan penting bagi perusahaan untuk memulai program pelatihan bagi karyawan, di antaranya:

  1. Kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.
  2. Pelatihan dapat meningkatkan kinerja karyawan di tempat kerja.
  3. Karyawan cenderung mengambil tanggung jawab yang lebih tinggi.
  4. Meningkatkan produktivitas dan manajemen waktu.
  5. Mengurangi pergantian karyawan.
  6. Pelatihan dapat meningkatkan kepuasan kerja dan semangat kerja.
  7. Memotivasi karyawan untuk menerima kesempatan belajar.

Pada umumnya pengembangan karyawan dilakukan secara face to face, di mana pemberi materi bertemu secara langsung dengan peserta pelatihan. Namun seiring dengan kemajuan teknologi yang membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan manusia, saat ini pelatihan karyawan dapat dilakukan dengan menggunakan pembelajaran e-learning.

E-learning adalah singkatan dari electronic learning atau pembelajaran elektronik. Bullen & Jeans (2007) mendefinisikan e-learning sebagai proses pembelajaran yang menggunakan teknologi internet untuk memfasilitasi, menyampaikan, dan memungkinkan berjalannya proses pembelajaran jarak jauh. Konsep pembelajaran ini sebenarnya bukan hal yang baru. E-learning telah dimulai pada tahun 1970-an (Waller dan Wilson, 2001). Berbagai istilah lain yang digunakan diantaranya adalah: online learning, internet-enabled learning, virtual learning, web based distance education, atau web based teaching and learning.

Halaman Sebelumnya 12

Featured Career Advice