×
STUDILMU Career Advice - Mengenal PICA (Problem Identification and Corrective Action) dalam Pemecahan Masalah
Tips of Management

Mengenal PICA (Problem Identification and Corrective Action) dalam Pemecahan Masalah

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Selanjutnya Anda dapat membuat perbaikannya. Pembuat PICA biasanya 2 atau lebih bagian, pembuat PI adalah tempat ditemukannya masalah tersebut, sedangkan pembuat CI adalah yang melakukan perbaikannya (atau yang paling banyak membuat masalah itu terjadi). Jadi, dalam 1 PICA, biasanya ada 2 kelompok yang menyetujui, satu pihak sebagai pembuat PI, dan satu lagi pembuat CA. PICA sudah bisa close, saat problem tersebut sudah tidak muncul lagi.
 
Corrective Action / Tindakan Korektif
Corrective Action adalah serangkaian langkah spesifik yang digunakan dalam memanajemen kualitas untuk menghilangkan perbedaan proses dan mencegah pengulangan akar penyebab. Tindakan korektif di tempat kerja biasanya berarti perubahan sistematis yang dilakukan oleh personel yang ditetapkan untuk mengatasi masalah terkait pekerjaan dan meningkatkan operasi bisnis.
 
Kegunaan Corrective Action / Tindakan Korektif
Sederhananya, Tindakan korektif memiliki kegunaan untuk memperbaiki masalah yang diidentifikasi selama audit atau saat memantau dan tindakan korektif bekerja untuk menyelesaikan akar penyebab masalah. Dengan melakuka rencana Tindakan Korektif Anda akan dengan mudah mengetehui rencana apa yang akan Anda lakukan di masa depan agar masalah tersebut tidak akan terulang kembali.
 
Apa itu Rencana Tindakan Korektif?
Rencana tindakan korektif adalah dokumen terperinci yang mencatat dengan tepat apa yang harus dilakukan dan apa yang sebenarnya dilakukan untuk memperbaiki ketidaksesuaian apa pun. Seharusnya S.M.A.R.T. (Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, Timebound) dan mencakup kerangka waktu, biaya, dan penandatangan. Rencana tindakan korektif harus digunakan ketika masalah yang diidentifikasi dapat berdampak negatif pada sistem manajemen mutu (QMS) suatu organisasi.

Featured Career Advice