×
STUDILMU Career Advice - Keseimbangan Untuk Ibu Bekerja
Self Improvement

Keseimbangan Untuk Ibu Bekerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Atau setidaknya memudahkan para ibu bekerja untuk mengatur waktu dan perannya sebaik mungkin :

1. Sesuaikan Jadwal Kerja dan Keluarga

Mengatur jadwal sebaik mungkin. Fokus pada pekerjaan di saat di kantor, dan fokus pada keluarga pada saat di rumah. Tapi, pasti hal itu tidak semudah ketika dipraktikkan langsung. Ketika berada di kantor mungkin anak sedang sakit dan lain sebagainya membuat Anda memikirkan anak Anda, dan ketika berada di rumah, atasan Anda menanyakan terkait dengan pekerjaa, mungkin hal itu bisa saja terjadi. Namun tidak ada salahnya untuk menjadi mindfulness dengan apa yang Anda sedang kerjakan saat ini. Ketika Anda hendak bekerja, pastikan anak Anda yang sedang sakit berada di tangan yang tepat, misalnya anggota keluarga lain atau orang yang Anda percaya, sehingga Anda bisa berusaha untuk tetap fokus di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan Anda hari itu dan pulang tepat waktu untuk menemui anak Anda. Ketika di rumah pun, Anda sebenarnya punya hak untuk langsung membalas atasan Anda karena sudah di luar jam kantor, atau Anda bisa memasang target untuk menjawab pertanyaan atasan Anda terkait pekerjaan maksimal sampai pukul 20.00, setelah itu tinggalkan ponsel dan laptop Anda untuk benar-benar menghabiskan waktu dengan keluarga Anda.

2. Pilih Tempat Penitipan Anak yang Terbaik

Tempat penitipan anak bisa diartikan dengan berbagai makna. Budaya Indonesia dimana ikatan keluarga masih sangat kuat, tidak sedikit pasangan muda menitipkan anak mereka kepada salah satu orang tua karena dirasa orang tua adalah orang yang paling mereka percaya dalam mengurus anak mereka. Namun juga tidak sedikit pasangan muda yang menitipkan anak mereka di tempat penitipan anak atau daycare karena dirasa daycare menjadi tempat yang tepat karena anak pun dapat melakukan aktivitas motorik maupun kecerdasannya karena pastinya tempat penitipan anak atau daycare yang baik akan memiliki psikolog anak yang lebih memahami tumbuh kembang anak yang baik dan tepat. Apapun pilihan Anda, baik menitipkan kepada orang tua atau daycare, Andalah yang tahu pilihan mana yang paling tepat untuk kondisi keluarga dan anak Anda. Jika Anda berniat untuk menitipkan di daycare, pastikan Anda mencari tahu sebaik mungkin, atau bisa meminta referensi dari keluarga atau teman yang sekiranya pernah menggunakan jasa daycare.

3. Luangkan Waktu Dengan Keluarga

Meluangkan waktu dengan keluarga merupakan hal yang penting disamping pekerjaan. Ketika Anda pulang bekerja atau diakhir pekan, luangkan waktu dengan keluarga secara berkualitas. Hiraukan gadget Anda untuk sejenak dan habiskan waktu sebaik mungkin dengan anak dan suami dengan bermain dan mengobrol bersama. Mengobrol bersama dari hati ke hati, meskipun dengan kuantitas waktu yang sedikit tapi kualitas sangat baik, maka akan lebih berharga untuk lebih mengenal dan menguatkan ikatan emosional di dalam keluarga.

Featured Career Advice