×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Super Mudah Mendapatkan Koneksi Baru di Konferensi
Self Improvement

4 Cara Super Mudah Mendapatkan Koneksi Baru di Konferensi

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Memperkenalkan nama dalam sebuah konferensi dengan cara yang tidak tepat merupakan hal yang mudah. Menyela pembicara yang dihormati, memaksakan pendapat, dan menanyakan hal-hal yang menyinggung merupakan contoh hal buruk yang langsung membuat seseorang terkenal dengan cepat dalam sebuah konferensi. 
 
Tapi Anda dapat menonjol dengan cara yang baik dan itu membutuhkan sedikit usaha. Inilah yang dikatakan para ahli tentang cara untuk membuat kesan yang tepat dan membangun beberapa koneksi baru.

1. Jadilah Wajah yang Akrab

Menyelinap tidur siang selama istirahat atau memesan layanan kamar untuk makan memang sangat menggoda. Tetapi semakin Anda mengisolasi diri sendiri, semakin banyak orang lain akan mengisolasi Anda. Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang membangun sebuah koneksi profesional, maka akan menarik keakraban.
 
Jadi, nongkrong lah di area umum seperti bar hotel. Segera perkenalkan diri kepada orang-orang yang duduk disana. Pada akhir konferensi, orang-orang akan tertarik untuk mengobrol karena mereka mengenali Anda.

2. Temukan Kesamaan

Faktor lain yang dapat membuat dua orang ‘klik’ adalah kesamaan. Pada konferensi profesional, Anda sudah memiliki kesamaan dengan peserta lainnya, yaitu pekerjaan atau minat profesional Anda. Jadi gunakan hal itu untuk bertanya kepada teman saat makan siang  tentang proyek atau tujuan kariernya saat ini, atau saat berada di lift, tanyakan pendapat seseorang tentang perkembangan terkini di perusahaannya. 
 
Anda mungkin tidak menemukan mitra bisnis baru, tetapi Anda mungkin menemukan orang-orang yang menyukai makanan yang sama dan dapat menjelajahi pemandangan kuliner kota pada malam hari bersama.
 

3. Berikan Pujian

Semua orang suka dipuji, karena itu, pujian sederhana dapat membuat perbedaan. Dalam sebuah penelitian membuktikkan bahwa semakin seorang diberikan pujian semakin orang tersebut menerima perasaan yang baik. Orang yang mudah berteman, membangun pertemanan, dan terhubung dengan orang lain kemungkinan besar terlihat antusias. Jadi, teruskan dan berikan pujian terhadap teman baru atas pencapaian profesional baru-baru ini. Hal ini akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

4. Berpura-pura 

Menjadi seorang pemula atau satu-satunya dari sebuah organisasi dalam sebuah konferensi profesional dapat membawa rasa tidak aman. Tetapi satu-satunya yang tahu tentang perasaan tersebut adalah diri Anda sendiri. Itu bisa membuat Anda tampak dingin, tidak ramah, atau canggung secara sosial. Pastikan bahwa hal ini tidak diketahui oleh yang lainnya. Tetaplah tenang dan berpura-pura bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik.
 
Ingatlah untuk tetap percaya diri, bahkan saat harus berjalan sendiri di aula, sekalipun itu berpura-pura. Yakinkanlah orang lain bahwa Anda adalah seorang profesional yang berpengalaman dan terhubung dengan baik. Dan pada akhir konferensi, mereka akan merasa bahwa itu benar.
 
Itulah langkah-langkah tepat yang dapat dilakukan untuk mencari teman dan koneksi dalam sebuah konferensi. Menjadi terkenal memang mudah, tapi ingatlah bahwa Anda harus dikenal dengan cara yang tepat dan profesional. 

Featured Career Advice