×
STUDILMU Career Advice - Perencanaan Kerja di Tahun yang Baru
Tips of Management

Perencanaan Kerja di Tahun yang Baru

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Contoh perencanaan meliputi banyak hal, seperti perencanaan pribadi, perencanaan usaha, perencanaan produksi, perencanaan SDM, perencanaan tim kerja, dan berbagai hal yang sebenarnya dapat dibuatkan perencanaannya. Mungkin sedari kecil, kita diajarkan untuk membuat jadwal harian seperti setelah bangun tidur merapikan tempat tidur, mandi, sarapan, berangkat sekolah, tidur siang dan seterusnya setiap harinya, namun seiring dengan bertambahnya usia serta semakin bertambahnya aktivitas membuat perencanaan seseorang semakin berantakan. Padahal jika direncanakan, kehidupan seseorang dapat menjadi lebih tertib dan terarah. Namun, dikala kita abai melakukan perencanaan harian untuk diri sendiri, ketika kita sudah masuk ke dunia kerja maka kita akan “dipaksakan” dengan adanya perencanaan. Perencanaan dilakukan oleh semua jenis usaha, baik dengan skala kecil maupun besar. Perencanaan yang dilakukan meliputi banyak aspek sedang berjalan pada perusahaan sesuai dengan tim kerja yang ada. Perencanaan yang dilakukan di mana tempat kita bekerja sebenarnya dapat diaplikasikan pula dalam kehidupan pribadi sehari-hari, sehingga tidak ada salahnya untuk mempelajari perencanaan di tempat kerja kita bekerja agar dapat diaplikasikan ke kehidupan pribadi kita.

Menyambut tahun baru, setiap perusahaan biasanya akan membuat perencanaan kerja di tahun yang akan berjalan. Mungkin dalam kehidupan pribadi, perencanaan awal tahun biasa disebut sebagai “Resolusi”, bukan hanya untuk kehidupan pribadi, tapi resolusi juga dibutuhkan dalam pekerjaan kita yang biasa disebut sebagai perencanaan kerja. Lalu, bagaimana tahapan proses perencanaan?

Bagaimana Tahapan Proses Perencanaan Kerja?

Saat ini sudah banyak sekali proses perencanaan kerja yang dirancang oleh para ahli. Namun melihat perencanaan kerja dari United Nations (UN) untuk para manajernya yang dikutip dari lamannya yang berjudul “Work-Planning Guide for Managers”, ada beberapa elemen yang dilakukan oleh para manajer di United Nations (UN) dalam perencanaan kerja, antara lain :

1. Menetapkan Tujuan Kerja

Rencana kerja harus menguraikan tujuan utama tim. Rencana kerja harus secara jelas mengartikulasikan bidang fokus apa yang paling penting untuk tahun kerja atau siklus anggara yang akan berjalan di tahun ini. Ketika tujuan organisasi diuraikan dengan jelas dalam rencana strategs yang ada. Kita melaksanakan tujuan organisasi untuk tahun berjalan dari rencana strategis ke rencana kerja.

Featured Career Advice