×
STUDILMU Career Advice - Pengertian Kartu Kredit dan 20 Cara Menggunakannya Secara Efektif
Self Improvement

Pengertian Kartu Kredit dan 20 Cara Menggunakannya Secara Efektif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

8. Perhatikan Tanggal Jatuh Tempo Kartu Kredit. 

Salah satu cara untuk menghindari biaya-biaya yang tidak diinginkan adalah membayar kartu kredit dengan tepat waktu. Setiap pembayaran kartu kredit akan jatuh tempo pada tanggal yang sama setiap bulannya, jadi kita harus menyiapkan keuangan kita sebelum tanggal jatuh tempo datang. 
 

9. Membayar Tagihan Kartu Kredit secara Penuh akan Jauh Lebih Baik. 

Membayar tagihan kartu kredit secara penuh adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola saldo kartu kredit kita. Dengan membayar tagihan secara penuh, kita dapat menghindari bunga dan menghindari risiko berhutang yang berlebihan di kemudian hari. 
 

10. Membayar Tagihan Kartu Kredit di atas Nilai Minimum. 

Apabila rekan pembaca tidak bisa membayar tagihan kartu kredit secara penuh, kami menyarankan rekan pembaca untuk membayar tagihan kartu kredit, setidaknya di atas nilai minimum. Tujuannya agar saldo kita tidak menjadi semakin sedikit pada bulan selanjutnya. Hal ini juga untuk menghindari pembayaran bunga yang lebih banyak dalam melunasi tagihan selanjutnya.
 

11. Bayar Tagihan Kartu Kredit Satu Per Satu. 

Jika rekan pembaca memiliki lebih dari satu kartu kredit, maka kami menyarankan rekan pembaca untuk membayar tagihan kartu kredit satu per satu. Dengan kata lain, melunasi tagihan satu kartu kredit terlebih dahulu, lalu masukkan sisa uang kita untuk membayar tagihan minimum pada kartu kredit yang lain. 
 

12. Periksa Saldo Kartu Kredit sebelum Melakukan Transaksi Apapun. 

Ini merupakan poin penting yang harus kita lakukan, karena seringkali orang tidak mengecek kembali saldo awal kartu kredit mereka sebelum melakukan transaksi. Jadi, sebelum benar-benar melakukan transaksi dari kartu kredit baru kita, pastikan kita sudah mengecek saldo awalnya ya, rekan-rekan. 
 

13. Jangan Belanja di Luar Anggaran Kartu Kredit. 

Sebelum melakukan transaksi, kita harus selalu mempertimbangkan anggaran kartu kredit yang kita miliki. Jangan sampai kita membeli barang yang harganya melampaui batas anggaran yang ada, karena kita berisiko untuk memiliki hutang yang lebih banyak. 
 

14. Jangan Terlalu Bergantung pada Kartu Kredit. 

Kartu kredit memang dapat memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam transaksi, namun bukan berarti bahwa kita harus selalu bergantung pada kartu kredit. Selagi kita bisa membayar sesuatu dengan tunai, maka lakukanlah. Hal ini untuk menghindari masalah-masalah lain yang timbul karena penggunaan kartu kredit yang berlebihan. Misalnya, kredit macet atau jumlah hutang yang semakin “membengkak”. 

Featured Career Advice