×
STUDILMU Career Advice - Pengertian Kartu Kredit dan 20 Cara Menggunakannya Secara Efektif
Self Improvement

Pengertian Kartu Kredit dan 20 Cara Menggunakannya Secara Efektif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

20 Cara untuk Menggunakan Kartu Kredit Secara Efektif

 

1. Pilih Kartu Kredit yang Paling Tepat. 

Sebelum rekan pembaca memilih kartu kredit, pastikan rekan-rekan telah mempertimbangkan nilai apa yang Anda inginkan dari kartu kredit tersebut. Misalnya, apakah rekan pembaca menginginkan suku bunga yang rendah, bonus yang tinggi, atau mungkin mencari kartu kredit yang diterima oleh semua merchant baik lokal dan internasional. Coba cari tahu informasi selengkapnya dari beberapa bank dan pilih kartu kredit yang sesuai dengan Anda. 
 

2. Jangan Lupa untuk Membaca Fine Print. 

Setelah rekan pembaca telah memilih kartu kredit, rekan pembaca tetap harus membaca syarat dan ketentuan kartu kredit yang menjelaskan harga kartu kredit Anda. Setelah disetujui, rekan pembaca akan menerima perjanjian (agreement) kartu kredit lengkap yang merupakan kontrak yang jauh lebih panjang dengan segala rincian aturan dari kartu kredit. Jadi, pastikan rekan pembaca telah membaca dan memahami fine print ya. 
 

3. Pahami Suku Bunga Kartu Kredit. 

Hal ketiga yang harus rekan pembaca pahami adalah suku bunga kartu kredit. Kartu kredit memiliki suku bunga berbeda yang berlaku untuk berbagai jenis saldo. Jadi, penting bagi rekan-rekan pembaca untuk mengetahui suku bunga mana yang berlaku untuk saldo Anda. 

 

4. Baca Pernyataan Tagihan Kartu Kredit dengan Teliti. 

Pernyataan kartu kredit berisi banyak informasi tentang aktivitas di dalam akun kita selama siklus penagihan sebelumnya. Namun, jangan menganggap bahwa semua data yang tertera di dalamnya memang sudah akurat. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kita harus membaca pernyataan kartu kredit dengan teliti. Karena dikhawatirkan ada pembayaran yang tidak diterapkan dengan benar, pengembalian biaya yang tidak pernah diposting ke akun, bahkan transaksi penipuan yang ada di dalam akun kita. Jadi, kita harus lebih teliti lagi ya. 
 

5. Ketahui Biaya-Biaya Lain yang Diterapkan pada Kartu Kredit. 

Memahami biaya-biaya lain dalam kartu kredit adalah satu-satunya cara untuk meminimalkan biaya pinjaman yang kita ambil. Jika rekan pembaca mengelola kartu kredit dengan bijak, maka rekan pembaca dapat menggunakan kartu kredit dengan baik dan terhindar dari hutang-hutang yang menyiksa finansial Anda. Biaya-biaya lain itu seperti, biaya tahunan yang secara otomatis dibebankan ke kartu kredit atau biaya transfer saldo yang dibebankan untuk beberapa jenis transaksi tertentu. 
 

6. Buat Akun Online untuk Pengelolaan Kartu Kredit. 

Kita bisa mengelola pemakaian kartu kredit dengan membuat akun online dari masing-masing bank (penerbit kartu) yang kita pilih. Caranya, kita dapat mengunduh aplikasi bank online dari ponsel atau tablet untuk membuat pengelolaan akun kartu kredit dengan lebih baik dan lebih praktis.
 

7. Pahami Hak-Hak yang Dimiliki. 

Setiap bank menawarkan keistimewaan tertentu kepada para nasabah kartu kreditnya, yang mana keistimewaan tersebut akan menjadi hak-hak para nasabah. Misalnya, bank yang menerbitkan kartu kredit harus menjaga tanggal jatuh tempo pembayaran pada hari kalender yang sama setiap bulannya dan mengirim laporan kartu kredit setidaknya 21 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Jadi, pastikan rekan-rekan pembaca telah memahami hak Anda sebagai nasabah ya. 

Featured Career Advice