×
STUDILMU Career Advice - Meningkatkan Toleransi Terhadap Stres
Self Improvement

Meningkatkan Toleransi Terhadap Stres

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa Yang Menyebabkan Stres?
Studi oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa saat ini, alasan utama yang menyebabkan stres adalah pekerjaan, tanggung jawab dan tekanan. Namun, tingkat stres tidak hanya tergantung pada keadaan eksternal tetapi juga pada kemampuan seseorang untuk merespon dengan tepat terhadap kondisi ini, yang terkadang di luar kendali mereka. Bahkan, stres dimulai dengan kesulitan seseorang dalam mengatasi emosi mereka. Dengan membiarkan stres mengambil alih, mungkin akan memengaruhi kemampuan Anda dalam berpikir rasional dan berkonsentrasi.


Bagaimana Cara Membentuk Toleransi Terhadap Stres?
Toleransi terhadap stres bisa dipelajari. Dengan latihan dan dedikasi yang konsisten Anda dapat mengurangi intensitas stres Anda, dan Anda dapat belajar untuk mengekspresikan perasaan Anda dengan cara yang sesuai. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda membangun toleransi terhadap stres:


1.    Menerima situasi sulit

Perasaan frustrasi/stres dipicu oleh pikiran negatif "Hal-hal ini selalu terjadi pada saya!" atau “Mengapa lalu lintas selalu macet, sih?!”
Tanggapi pernyataan negatif yang berlebihan dengan pernyataan yang lebih realistis. Alih-alih memikirkan ketidakadilan kemacetan lalu lintas, ingatkan diri Anda, “Ada jutaan mobil di jalan setiap hari. Kemacetan lalu lintas mungkin sekali terjadi.”

 

Featured Career Advice