×
STUDILMU Career Advice - Memimpin Secara Virtual
Leadership

Memimpin Secara Virtual

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Namun ketika bekerja secara remote, permintaan data atau dokumen menjadi cukup krusial karena mungkin ada kecurigaan data atau dokumen disalahgunakan. Maka salah satu keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin dalam pekerjaan virtual adalah membuat data dan dokumen pendukung pekerjaan dapat diakses sehingga membuat para pekerja dapat memiliki pemahaman tetnang tujuan organisasi yang ingin dicapai.

2. Partisipasi

Izinkan para anggota tim untuk berpartisipasi pada tahap perencanaan project, baik mereka yang bekerja di bidang teknikal tau praktikal. Pastikan bahwa semua anggota tim dapat berkontribusi dalam menjalankan project dan mencapai tujuan bersama. Semua anggota tim harus ikut berpartisipasi pada tiap pekerjaan, jika ada anggota tim yang membutuhkan bantuan, anggota tim lainnya harus ikut membantu dalam menyelesaikan masalahnya. Meskipun setiap anggota tim memiliki peran dan dituntut partisipasinya, namun pastikan bahwa setiap anggota pun memiliki waktu istirahat sejenak untuk menyegarkan pikiran agar bisa bekerja dengan lebih kreatif.

3. Kepercayaan

Pemimpinan dan pekerja harus secara penuh jujur ketika saling berbagi data dan update status pekerjaan, meskipun informasi yang kurang baik, hal ini untuk meningkatkan kredibilitas dan menjaga integritas data yang sedang dibagikan. Kepercayaan ini harus muncul di antara para anggota tim, dan pemimpin harus membentuknya dengan memberikan kepercayaan yang bertanggung jawab kepada semua anggota tim. Meskipun hal itu cukup riskan, tapi itu merupakan salah satu tugas seorang pemimpin untuk memberikan tanggung jawab kepada para anggota tim dengan caranya memberikan kepercayaan kepada para anggota tim.

Bagaimana Memimpin Secara Virtual?

Forbes dalam artikelnya yag berjudul “How To Lead Virtually In A Time Of Pandemic” membagikan beberapa tips untuk memimpin secara virtual, antara lain :

Featured Career Advice