×
STUDILMU Career Advice - Cara untuk Memahami Kebutuhan Pelanggan
Customer Service

Cara untuk Memahami Kebutuhan Pelanggan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa itu Kebutuhan Pelanggan?
 
Kebutuhan pelanggan adalah keinginan yang disebutkan atau tidak disebutkan oleh pelanggan Anda. Entah itu sebuah harapan/keinginan dari pelanggan terhadap Anda. Untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan Anda, mintalah umpan balik dari pelanggan Anda di setiap langkah proses Anda. Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan beberapa cara, misalnya dengan melakukan grup fokus, mendengarkan pelanggan atau media sosial Anda, atau melakukan riset kata kunci.
 
Mengapa penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan?
 
Semua bisnis pastinya akan mengambil langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sejak dini dan sesering mungkin. Untuk kegiatan pemasaran, mengambil langkah untuk memastikan kebutuhan pelanggan Anda terpenuhi akan membantu Anda menyelaraskan dengan tim internal lainnya di organisasi Anda, seperti tim penjualan, tim dukungan pelanggan, dan tim produk.
Namun, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Realita nya, itu adalah pekerjaan yang sulit karena Anda tidak tahu yang pelanggan Anda pikirkan, tetapi ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi apa yang dibutuhkan pelanggan Anda. Berikut ini adalah cara yang tepat:
 
1. Konsisten
Pernahkah Anda berbicara dengan seorang tenaga penjualan yang telah meyakinkan Anda bahwa suatu produk dapat melakukan hal yang sudah disebutkan tetapi Anda malah mendapatkan hal yang sebaliknya?  Hal yang sama dapat dikatakan jika Anda menawarkan harga yang berbeda di situs website dengan di gerai asli. Dengan memiliki informasi yang berbeda maka pelanggan akan bingung dan merasa bisnis Anda tidak terstruktur.  
 
Konsistensi adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Memastikan bahwa Anda memiliki komunikasi internal yang konsisten merupakan langkah yang sangat penting dalam memastikan bisnis Anda beroperasi dengan mempertimbangkan pelanggan. 
 
Selain itu, apabila Anda ingin menyampaikan nilai, produk, dan layanan Anda secara efektif, langkah pertama Anda adalah memastikan bahwa setiap tim memahami tujuan dan nilai perusahaan.
 
Pertimbangkan untuk menggunakan alat komunikasi internal untuk dapat mengarahkan kegiatan harian dengan baik. Ini akan memastikan bahwa semua orang mulai dari tim penjualan jarak jauh hingga tim pengembang memahami apa prioritas bisnis Anda.

Featured Career Advice