×
STUDILMU Career Advice - Cara Meningkatkan Kemampuan Otak, Memori, dan Motivasi
Motivation

Cara Meningkatkan Kemampuan Otak, Memori, dan Motivasi

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Semakin banyak hal yang perlu kita ingat membuat memori dan kekuatan otak kita semakin melemah dalam mengingat suatu hal. Kira-kira bagaimana cara rekan-rekan Career Advice dalam meningkatkan kekuatan otak untuk mengingat hal-hal yang penting dan mempertahankan motivasi yang rekan-rekan miliki
 
Jika belum tahu tentang cara jitunya, jangan khawatir karena pada artikel ini, kita akan bersama-sama membahas tentang cara ampuh meningkatkan kemampuan otak, memori dan motivasi yang kita miliki. Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 
 

1. Coba Buat Hidup Menjadi Lebih Sederhana

Sebenarnya hidup kita ini mudah dan sederhana, tapi sayangnya perspektif kita serta faktor eksternal sering membuat segala hal menjadi rumit. Jika kita menghadapi hal yang sama, inilah saatnya untuk kita merencanakan hidup secara kreatif. Tunjukkan kreatifitas kita dengan menyederhanakan tujuan hidup kita. Dengan menjalani kehidupan yang lebih simple, ini akan mempermudah kerja otak untuk mengingat dengan lebih baik. Selain itu, motivasi juga akan meningkat karena tujuan hidup terlihat lebih kecil dan mudah untuk dicapai, meskipun sebenarnya kita sedang menuju ke jalan mimpi yang begitu besar. Karena pada dasarnya, saat kita menggabungkan banyak tujuan-tujuan kecil, itu akan menjadi satu tujuan yang besar. 
 

2. Saat Ingin Menyerah, Coba Pikir “Mengapa Kita Memulainya?”

Ini adalah langkah untuk meningkatkan motivasi. Seringkali kita merasa putus asa, ingin menyerah dan menyelesaikan segala hal. Tujuan hidup yang ingin kita tuju terasa sangat jauh dari genggaman. 
 
Ketahuilah rekan-rekan pembaca, ini adalah hal yang benar-benar harus kita hindari. Kita tidak bisa mengukur kesuksesan kita dengan melihat seberapa jauh diri kita dari mimpi dan cita-cita yang diharapkan. Tetapi, kita harus melihat “sudah sejauh mana kita melangkah”. Jika kita sudah melangkah cukup jauh untuk menggapai mimpi, kenapa harus menyerah di pertengahan jalan? Coba pikir ulang “mengapa kita memulai langkah-langkah tersebut?” Positifnya, saat kita melakukan ini tidak hanya meningkatkan motivasi, namun juga menjaga kemampuan otak dan memori kita karena berpikir ulang kembali apa saja yang telah kita lalui sebelumnya. 
 

3. Tambahkan Energi yang Dimiliki

Seperti yang diketahui oleh semua orang, energy adalah motivator yang sangat besar, yang dapat kita gunakan untuk menjadi penyemangat dalam menjalani kehidupan, bahkan dalam meraih tujuan hidup yang terdengar “cukup tidak masuk akal”. 
 
Coba deh bayangkan jika rekan-rekan Career Advice memiliki mimpi yang sangat besar, katakanlah mimpi untuk menjadi seorang CEO. Tapi, cara rekan pembaca dalam menjalani hari begitu lemas seperti orang yang belum tidur selama dua hari. 
 
Lemah, lesu, tidak bertenaga. Kira-kira dengan sikap yang seperti itu, apakah orang lain bisa percaya bahwa kita dapat menjadi CEO di masa depan? Kemungkinan besar, tidak. Jadi, ayo kita bakar semangat yang dimiliki dan tambahkan energi tersebut agar kemampuan otak kita dapat berjalan dengan baik, mengomando seluruh bagian tubuh untuk tetap termotivasi. 

4. Belajar Memberi Kepada Orang Lain 

Hidup selalu membuat kita terpengaruh untuk menerima dan hanya menerima. Seringkali kita lupa untuk memberi sesuatu yang lebih kepada orang lain di sekitar kita. Ini adalah hal yang sangat disayangkan sekali. Mengapa? Karena faktanya, saat kita fokus untuk memberi sesuatu kepada orang lain, akan ada rasa kepuasan terhadap kehidupan yang kita jalani. Nah, dari rasa kepuasan inilah yang nantinya akan membantu meningkatkan motivasi diri kita. 
 
Nilai tambah lainnya, ketika motivasi kita meningkat, otak kita akan memikirkan cara yang lebih kreatif untuk melakukan hal-hal selanjutnya. Sebagai contoh, bagaimana cara kerja yang lebih baik agar konsumen merasa puas dengan produk yang kita berikan, promo apa yang cocok diberikan kepada pelanggan agar mereka merasa ingin terus membeli produk kita, dan lain sebagainya. 
 

5. Berbicara dengan Pikiran Bawah Sadar Sebelum Tidur

Ini adalah salah satu kiat yang sangat saya sarankan kepada Anda. Mengapa? Kita adalah pengontrol diri kita sendiri. Apa yang kita ucapkan kepada alam bawah sadar kita tidak akan terdengar oleh orang lain, jadi ini akan mana. Namun, perkataan yang kita ungkapkan ke bawah alam sadar akan terdengar dan terekam dengan sangat baik oleh otak kita, dan ini akan merangsang semua bagian tubuh untuk menjalankan apa yang dikomandokan oleh diri kita.
 
Nyatanya, banyak orang sukses tidak pernah tidur sebelum mereka berbicara dengan alam bawah sadar mereka. Bahkan Thomas Edison pun berpesan kepada kita semua, “Jangan pernah tidur tanpa melakukan percakapan dengan alam bawah sadar Anda”. Coba deh visualisasikan tujuan kita setiap malam dan visualisasikan seperti apa pencapaian yang kita inginkan nanti. 
 

6. Membuat dan Mengulangi Kebiasaan Baru

Untuk terus meningkatkan motivasi hidup, kita perlu melakukan suatu perubahan yang lebih menantang, agar hidup kita memiliki suatu hal yang “greget”. Sehingga, yang kita hadapi bukan hanya itu-itu saja. Dalam hal ini, kita bisa membuat sebuah perubahan kecil. Terkadang, perubahan terkecil dapat menghasilkan hasil yang sangat besar, loh. 
 
Lakukan perubahan kecil ini secara berulang-ulang sampai menjadi suatu kebiasaan. Dengan terus meningkatkan diri menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, maka secara tidak langsung kita terus meningkatkan motivasi yang kita miliki, karena hidup dituntut untuk terus melakukan perubahan yang bermakna. 
 

7. Cari Lingkungan yang Baik

Lingkungan adalah faktor kedua terpenting setelah keluarga, dalam mempengaruhi kehidupan yang kita miliki. Apakah kita ingin menjadi seorang yang memiliki motivasi yang tinggi, seorang yang cerdas, dan lain sebagainya, segalanya dapat ditentukan dengan lingkungan. Jangan lupa untuk kelilingi diri kita dengan orang-orang yang positif dan dengan mereka yang mendukung kita, baik dalam bisnis maupun kehidupan pribadi.
 
Yap, itu dia tujuh cara ampuh yang bisa rekan-rekan Career Advice terapkan perlahan-lahan untuk meningkatkan kemampuan otak, memori dan juga motivasi hidup untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Jadi, tunggu apalagi nih rekan-rekan pembaca, yuk sama-sama kita jaga kemampuan otak, memori serta motivasi yang kita miliki, demi masa depan yang cerah. 

Featured Career Advice