×
STUDILMU Career Advice - Cara Mengatasi Burnout
Emotional Intelligence

Cara Mengatasi Burnout

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4. Buat olahraga menjadi prioritas

Meskipun olahraga mungkin hal terakhir yang ingin kita lakukan saat kelelahan, olahraga adalah penawar yang kuat untuk stres dan kelelahan. Itu juga sesuatu yang dapat kita lakukan sekarang untuk meningkatkan mood Anda. Usahakan untuk berolahraga selama 30 menit atau lebih per hari atau aktivitas singkat selama 10 menit. Jalan kaki 10 menit dapat meningkatkan mood kita selama dua jam. Latihan ritmis, di mana kita menggerakkan kedua lengan dan kaki Anda, adalah cara yang sangat efektif untuk mengangkat suasana hati kita, meningkatkan energi, mempertajam fokus, dan merilekskan pikiran dan tubuh. Cobalah berjalan, berlari, latihan beban, berenang, seni bela diri, atau bahkan menari. Untuk memaksimalkan penghilang stres, alih-alih terus fokus pada pikiran kita, fokuskan pada tubuh kita dan bagaimana rasanya saat kita bergerak, misalnya sensasi kaki kita menyentuh tanah, atau angin yang menerpa kulit kita.

5. Perbaiki suasana hati dan tenergi dengan diet tepat

Apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita dapat berdampak besar pada suasana hati dan tingkat energi kita sepanjang hari. Ada beberapa tips untuk dapat memperbaiki suasana hati dan energi dengan memperhatikan asupan kita:

a. Kurangi gula dan karbohidrat olahan. Kita mungkin mendambakan camilan manis atau makanan yang menenangkan seperti gorengan, tetapi makanan tinggi karbohidrat ini dengan cepat menyebabkan penurunan mood dan energi.

b. Kurangi asupan tinggi makanan yang dapat memengaruhi suasana hati kita secara negatif, seperti kafein, lemak tidak sehat, dan makanan dengan pengawet kimiawi.

c. Makan lebih banyak asam lemak Omega-3 untuk meningkatkan mood.

d. Sumber terbaik adalah ikan berlemak (salmon, herring, mackerel, teri, sarden, tongkol, tuna), rumput laut, flaxseed, dan kenari.

e. Hindari nikotin. Merokok saat merasa stres mungkin tampak menenangkan, tetapi nikotin adalah stimulan yang kuat, yang mengarah ke tingkat kecemasan yang lebih tinggi, bukan lebih rendah.

Cara mengatasi burnout tersebut membuat kita dapat merefleksikan bahwa menjadi pekerja pun harus memperhatikan kesehatan fisik maupun mental diri sendiri agar kehidupan pribadi dan pekerjaan dapat berjalan dengan sebaik dan sebahagia mungkin secara beringinan.

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice