×
STUDILMU Career Advice - Berpenampilan Profesional Saat Work From Home
Self Improvement

Berpenampilan Profesional Saat Work From Home

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Karena setiap aplikasi memiliki pengaturan yang berbeda, karena ketika sedang video conference mungkin ada beberapa hal yang harus dilakukan seperti share screen, menyembunyikan kolom chat, mengheningkan audio peserta lainnya yang mungkin tidak sengaja menyala dan pengaturan lainnya. Jika Anda kurang menguasai pengaturan pada aplikasi video conference sehingga ada jeda waktu ketika Anda sedang mencari pengaturan yang Anda perlukan, maka peserta video conference yang lainnya melihat Anda kurang profesional dalam penampilan Anda serta kemampuan Anda dalam menggunakan teknologi yang sudah seharusnya Anda kuasai.

6. Video dan audio yang jernih

Sebelum pandemi Covid-19 muncul dan bekerja secara remote menjadi hal yang jarang terjadi, mungkin video dan audio pada laptop Anda sangat jarang digunakan. Namun saat ini ketika pekerjaan remote banyak dilakukan oleh para pekerja, maka perhatikan video dan audio pada laptop Anda. Setidaknya para peserta video conference dapat melihat dan mendengar suara Anda dengan jelas. Terutama audio yang menjadi sumber utama dalam penyampaian informasi. Audio yang terputus-putus akan menghambat kelancaran video conference yang sedang berjalan dan memakan lebih banyak waktu jika Anda atau perserta video conference harus mengulang apa yang Anda ucapkan. Jangan lupa untuk klik tombol “unmute” ketika Anda hendak berbicara, jangan buat peserta harus memberi tahu bahwa Anda masih pada mode “mute”, dan juga jangan lupa untuk mode “mute” ketika Anda sudah selesai berbicara.

7. Perhatikan kecepatan Wifi

Berkaitan dengan poin sebelumnya, audio terkadang menjadi tidak lancar dikarenakan kecepatan wifi yang lamban dan ada masalah. Maka perhatikan kecepatan wifi Anda sebelum memulai video conference. Kecepatan wifi Anda juga mempengaruhi video Anda, terkadang wifi yang lambat membuat video Anda menjadi “freeze”, sehingga peserta tidak dapat melihat Anda dengan jelas.

Berpenampilan profesional perlu meskipun bekerja dari rumah secara remote. Baik bekerja langsung di kantor atau di rumah jangan lupakan kerapihan penampilan Anda. Karena bagaimana pun rekan kerja, atasan atau bahkan klien Anda tetap akan melihat penampilan Anda ketika sedang bekerja. Maka, sudahkah Anda berpenampilan profesional?

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice