×
STUDILMU Career Advice - Aktivitas untuk Mengatasi Kebosanan di Kantor
Productivity

Aktivitas untuk Mengatasi Kebosanan di Kantor

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4. Istirahat Sejenak

Mengambil jeda waktu 5-10 menit disela-sela kesibukan untuk istirahat sejenak sangat tidak salah karena kita bukanlah mesin yang bisa bekerja selama berjam-jam tanpa henti. Selama istirahat sejenak, kita dapat melakukan beberapa hal berikut ini :

a. Berjalan kaki dan menghirup udara segar

Berjalan kaki keluar dan menghirup udara segar bisa menjadi pilihan. Berjalan kaki dan melihat hal-hal baru atau yang terlewatkan terkadang dapat menjadi inspirasi yang dapat kita aplikasikan di dalam pekerjaan. Aktivitas fisik ringan ini juga dapat lebih menyegarkan pikiran disaat pikiran sedang penat.

b. Melakukan hobi sederhana

Meja kerja terkadang menjadi dunia untuk diri kita sendiri. Ada rekan kerja yang di meja kerjanya penuh dengan foto, kamera, action figure, atau tanaman kecil seperti kaktus. Kita bisa membawa hobi sederhana kita ke meja kerja untuk memberikan kesegaran di meja kerja kita. Ketika sedang merasa bosan, kita bisa menyiram tanaman yang kita miliki, atau mengambil foto rekan kerja yang sedang sibuk bekerja.

c. Mendengarkan lagu

Mendengarkan lagu banyak dilakukan dari kita ketika kesibukan sedang menyerang. Tidak dapat dipungkiri bahwa mendengarkan lagu yang membuat mood kita bahagia membuat kita kembali semangat bekerja. Jadi tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik barang sejenak ketika sedang bosan bekerja.

d. Menonton video lucu

Berdasarkan jurnal penelitian dari Jong Eun Yim yang berjudul “Therapeutic Benefits of Laugther in Mental Health: A Therotical Review” mengatakan bahwa humor menjadi salah satu cara kita untuk meningkatkan mood positif kita, dengan tertawa kita bisa meningkatkan serotonin, sebuah senyawa di dalam otak yang mempengaruhi kebahagiaan kita. Maka tidak ada salahnya untuk sejenak melihat video yang membuat kita tertawa. Tapi perlu dicatat, jangan sampai terlalu menikmati sehingga lupa waktu. Mungkin kita bisa menyisihkan waktu 5 menit untuk menonton video lucu.

Beberapa aktivitas tersebut dapat membantu kita untuk mengatasi kebosanan. Karena ketika merasa bosan di kantor, bukan selalu kita harus mencari pekerjaan baru, terkadang kita hanya butuh waktu untuk istirahat sejenak, melakukan kegiatan yang menyenangkan untuk membangkitkan kembali semangat untuk bekerja. Jadi, apakah Anda sudah beristirahat sejenak disela-sela kesibukan kerja?

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice