×
STUDILMU Career Advice - 7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
Self Improvement

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

5. Be yourself

Saat berada di tempat kerja, masing-masing karyawan sebenarnya mempunyai dua versi kepribadian. Pertama, seorang profesional yang berusaha berdedikasi bagi perusahaan dan mencoba untuk bisa diterima oleh rekan kerja lainnya. Kedua, seorang yang ingin menjadi dirinya sendiri tanpa terkecuali. Ada orang yang bisa merasa bebas mengekspresikan emosinya di tempat kerja, sementara orang lain tidak bisa bebas berbagi selera humor karena berusaha menjaga citra diri. Baru-baru ini para ilmuwan mulai menyelidiki dampak kemampuan orang mengekspresikan diri mereka sendiri di tempat kerja. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies mengungkapkan bahwa semakin besar kemampuan seseorang untuk menunjukkan jati diri mereka, semakin puas dan semakin baik kinerja orang itu.

Ada banyak keuntungan bagi Anda jika mampu menunjukkan jati diri Anda yang asli saat berada di tempat kerja. Orang akan merasa bahagia jika mampu mengekspresikan jati diri yang sesuai dengan nilai dan kemampuan yang mereka miliki. Biarkan rekan kerja Anda mengenal kepribadian Anda. Dengan begitu, mereka akan mengerti mengapa Anda bereaksi dengan cara tertentu terhadap suatu situasi, atau mengapa Anda emosional pada waktu-waktu tertentu.

Perusahaan mulai menyadari bahwa karyawan yang bahagia menghasilkan karyawan yang sukses, yang berarti Anda tidak perlu lagi memisahkan kehidupan profesional Anda dari kehidupan pribadi Anda. Anda diizinkan mengalami emosi dan menjalin pertemanan di tempat kerja, selama Anda tidak membiarkan hubungan itu memengaruhi pekerjaan Anda secara negatif. Jika Anda tidak bisa menjadi diri sendiri di kantor, mungkin perusahaan itu tidak cocok untuk Anda. Ingatlah bahwa Anda perlu tumbuh dan mengembangkan diri sepanjang kehidupan profesional Anda jika Anda ingin sukses.

 

6. Selalu mau terus belajar

Tidak memiliki pengalaman tetapi harus menyelesaikan proyek yang didelegasikan kepada Anda dapat membuat Anda khawatir atau stres. Itu sebabnya, jadilah pembelajar yang cepat! Buatlah skala prioritas pekerjaan dan target harian Anda, selalu ingin mendengar masukan dari mentor Anda, proaktif untuk menemukan detail pekerjaan Anda, bergabung dengan pelatihan dan seminar dapat meningkatkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan Anda. Terlibat dan melakukan tugas tambahan, menghadiri rapat, bekerja lembur, menerima tantangan yang lebih besar dari atasan Anda dapat membuat pengalaman Anda naik ke level berikutnya.

Selain itu pelajari dan beradaptasilah dengan budaya perusahaan. Menurut laporan yang diterbitkan oleh Randstad’s Work Watch Survey, 66% karyawan dewasa mengakui pentingnya mengadopsi nilai-nilai yang ada di lingkungan perusahaan untuk bisa berhasil dalam organisasi mereka. Untuk membantu Anda lebih memahami budaya perusahaan, Anda bisa bertanya kepada karyawan lain yang sudah lebih dulu berada di organisasi tersebut. Dengarkan informasinya dengan baik dan jagalah perilaku Anda sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan sebagai budaya perusahaan tersebut.

Membangun hubungan dengan rekan kerja Anda juga sangat penting karena itu membantu Anda berasimilasi dengan budaya mereka lebih cepat. Datang untuk bekerja lebih awal, berpakaian dengan benar, dan selalu menerima undangan makan siang sambil tersenyum. Ingatlah bahwa Anda adalah karyawan baru, dan upaya untuk menjangkau harus datang dari inisiatif Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda dapat berbaur dan lebih cepat beradaptasi.

Featured Career Advice