×
STUDILMU Career Advice - Sumber dan Faktor yang Menghilangkan Gairah Kerja
Motivation

Sumber dan Faktor yang Menghilangkan Gairah Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4. Pekerjaan menyediakan aktivitas yang terstruktur, terpola, dan teratur

Dengan tenggelam dalam kesibukan yang testruktur, terpola dan teratur kita akan merasakan keasyikan dalam hal yang produktif. Keasyikan kerja tersebut membuat waktu berlalu begitu nikmat. Di dalam kerja, kita juga bisa bertindak sebagai dirigen kerja yang menikmati pekerjaan tersebut. Saat bekerja, kita berkuasa atas sesuatu, entah atas sebuah gergaji, komputer, dapur, pintu gerbang, perusahaan, dan lain sebagainya. 
 

5. Pekerjaan menyediakan tantangan positif

Tantangan positif membuat kita merasakan sense of accomplishment (rasa pencapaian) ketika tantangan tersebut terselesaikan. Ketika tantangan tersebut hadir, maka gairah kerja untuk menyelesaikan tantangan tersebut semakin besar. Setelah menyelesaikan tantangan tersebut, maka kita akan bersukacita dengan pencapaian kita. Setelah itu, kita akan lebih bergairah dengan tantangan positif lainnya di mana ia dapat menyelesaikannya. 
 

6. Kerja menyediakan aktivitas kreatif, artistik, dan estetik

Kreativitas adalah energi mental positif yang mengalir dalam bentuk ide, gagasan atau metafora. Ketika kreativitas kita mengalir, maka secara bersamaan mengalir pula rasa senang dan gembira. Pekerja yang kreatif mengalami banjir ide dan banjir sukacita sekaligus. Ia sangat menikmati pekerjaannya, karena di dalam pekerjaannya ia bebas berkreasi sebaik mungkin. Dengan begitu, gairah untuk bekerja akan meningkat.

Gairah kerja sejalan dengan produktivitas kerja, maka ketika kita sudah mulai tidak produktif dalam bekerja bisa jadi karena gairah kerja kita sudah menghilang. Poin-poin di atas menjadi sebuah panduan bagi kita, para pekerja, untuk tetap bergairah selama bekerja dan menjaga produktivitas kita selama bekerja. Dari sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa gairah kerja sangat penting bagi para pekerja. Pentingnya kita mengetahui faktor hilangnya gairah kerja dan sumber gairah kerja agar kita dapat mengetahui apa saja yang dapat meningkatkan gairah kerja kita dan dapat menghindari hal-hal yang dapat menghilangkan gairah kerja kita.

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice