×
STUDILMU Career Advice - Sukses Menjadi Staff Admin
Coaching

Sukses Menjadi Staff Admin

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Seseorang yang sudah mengembangkan kemampuan manusia yang baik, memperhatikan bagaimana sikap, asumsi dan kepercayaan mereka kepada orang lain dan tim. Kemampuan manusia juga membuat seorang admin benar-benar memahami apa yang dikatakan oleh orang lain dan perilaku orang lain, artinya selain bahasa verbal maka seorang admin dapat memahami bahasa tubuh orang lain.

3. Kemampuan Konseptual / Conceptual Skill

Kemampuan konseptual melibatkan kemampuan untuk melihat perusahaan secara keseluruhan, termasuk mengenali bagaimana berbagai fungsi organisasi bergantung satu sama lain, dan bagaimana perubahan di satu bagian memengaruhi semua bagian lainnya.

Sehingga dari ketiga kemampuan di atas tersebut dapat disimpulkan bahwa seorang admin seharusnya memiliki kemampuan untuk menjalankan aktivitas teknis, memahami individu dan tim serta mengkoordinasi dan mengintegasikan semua aktivitas untuk mencapai tujuan yang sama.

Tips Untuk Menjadi Admin Sukses

tugas admin yang berkaitan data juga operasional perusaahan perlu diperhatikan, sehingga beberapa hal yang perlu dilakukan orang seorang admin dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga dapat menjadi seorang staff admin yang sukses, antara lain :

1. Membuat Jadwal Harian

Bukan hanya seorang admin, tapi hampir semua orang pada tiap bagian dalam sebuah organisasi pasti perlu membuat jadwal harian. Membuat jadwal harian diperlukan untuk lebih efektif dalam mengatur pekerjaan yang akan dilakukan pada setiap harinya. Seorang admin yang menjadi bagian dasar berlangsungnya perusahaan juga perlu dalam membuat jadwal harian. Jadwal harian meliputi apa saja yang akan dikerjan pada hari itu, sebaiknya jadwal harian dibuat di sore hari sebelum pulang kerja pada hari sebelumnya agar dapat lebih efektif dikerjakan pada esok harinya. Pada sore hari, selain membuat jadwal harian untuk hari esok, sebaiknya juga meninjau ulang pekerjaan hari itu, apakah sudah selesai semua atau masih ada yang perlu ditambahkan, apakah sudah baik atau ada yang perlu ditingkatkan. Jadwal harian ini dapat mempermudah dan membantu staff admin untuk lebih teratur dalam bekerja, selain itu agar tidak terjadi pekerjaan yang saling menumpuk karena bingung mau mengerjakan pekerjaan yang mana terlebih dahulu.

2. Mempelajari Sistem Data atau Aplikasi

Pada saat baru mulai bekerja, pastinya seorang staff admin akan diajari cara mengoperasikan aplikasi atau sistem data yang akan menjadi bagian dari proses kerjanya kelak, contohnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Office, Google Sheet,  Google Docs atau berbagai jenis aplikasi lainnya.

Featured Career Advice