×
STUDILMU Career Advice - Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda
Self Improvement

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca, apakah Anda masih ingat kapan terakhir kali Anda merasa sangat tidak berdaya dan tidak ada hal yang dapat membuat Anda bahagia? Apapun yang Anda lakukan, Anda merasa bahwa dunia seakan tak berpihak pada Anda. Mungkin itu saat dimana Anda putus dengan kekasih Anda, ditinggal seseorang yang Anda cintai atau mungkin hal buruk yang terjadi pada pekerjaan Anda. lalu, bagaimana Anda menyikapi situasi tersebut?
 
Setiap orang pastinya pernah berada dalam situasi yang tidak menyenangkan. Kita merasa terjebak dan terbatas. Kita ingin keluar tetapi terasa sangat sulit. Ada yang mengalaminya selama berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Ada juga yang dapat keluar dari situasi itu, menjadi kuat dan memulai sesuatu yang baru. Apa yang membuat dua golongan itu berbeda? Jawabannya adalah sikap. 
 
Sikap adalah hal yang paling dibutuhkan untuk mencapai tujuan, menghadapi tantangan dan mengatasi kesulitan. Ketika Anda memiliki pola pikir yang positif, Anda akan mampu melewati batasan dan hambatan yang menghalangi. Sikap positif juga memastikan Anda bahwa Anda dapat melewati batasan yang ada. Ini mengubah mental, kondisi fisik dan emosi Anda. ini adalah kunci transformasi yang kekal. Bagaimana bisa? 
 
Berikut penjelasannya.
 

Sikap positif menyehatkan Anda.

Rutinitas membuat Anda memiliki pikiran negatif. Anda perlu mengubahnya menjadi pikiran positif dan membangun kebiasaan tersebut. Memiliki pikiran positif bukan berarti harus mengabaikan semua hal atau perasaan buruk. Memiliki pikiran positif berarti menyikapi hal-hal buruk dan tidak nyaman sebagai sebuah peluang untuk belajar dan bertumbuh. Ini akan memampukan Anda untuk bergerak maju.
 
Pernahkah Anda berbicara dengan diri sendiri? Berhat-hatilah. Pembicaraan diri berasal dari logika dan alasan yang dapat berupa pikiran positif maupun negatif. Pembicaraan ini juga bisa berasal dari kesalahpahaman maupun sumber dari luar seperti orang disekitar bahkan media.
 
Kunci utamanya adalah Anda harus mengelilingi diri dengan hal-hal positif yang mampu mengubah pikiran negatif menjadi tindakan positif yang lebih produktif. Ini tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik pada satu waktu saja, ini juga akan mengurangi tingkat depresi Anda dalam jangka panjang. Secara ilmiah dikatakan bahwa pikiran positif dan sikap optimis dapat meningkatkan masa hidup seseorang, meningkatkan kesehatan jantung dan membangun daya tahan tubuh yang kuat. Tentunya pikiran positif juga menghindari seseorang untuk memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, mengonsumsi alkohol, narkoba, dll.
 

Penderitaan tidak dapat dihindari, terima saja.

Setiap orang mengalami penderitaan dan tentu  itu terasa pahit. Ketidakbahagiaan, kegagalan, ketakutan, kemarahan, kehilangan dan bahkan frustasi adalah hal yang membuat kita menderita. Dan kita tidak dapat menghindarinya. Tetapi, sulit merasakan kebahagiaan jika kita tidak mengalami penderitaan.
 
Jadi, daripada harus berlarut dalam penderitaan yang ada, cobalah untuk menjadikan penderitaan itu sebagai peluang untuk mengadakan perubahan. Misalnya, Anda mengalami PHK, Anda bisa melihat itu sebagai kesempatan untuk meninjau ulang tujuan karier Anda. sikapilah dengan positif. Memang terdengar gila, tetapi inilah rahasia kesuksesan. Yang saya maksud adalah Anda tidak akan mengalami hal baru jika Anda tidak keluar dari zona nyaman. Jadi, untuk menuju kesuksesan, Anda harus melangkah dan keluar dari zona nyaman
 
Setiap orang sukses juga mengalami kegagalan. Karena tidak ada seorangpun yang dapat berhasil dalam setiap percobaan. Temukan cara untuk melacak kemajuan Anda dan rayakan kemenangan kecil yang Anda buat. Catatlah sekecil apapun pencapaian yang berhasil And abuat. Ini akan membantu Anda untuk menemukan penghalang kemajuan Anda. Intinya adalah Anda harus membuat kemajuan, sekalipun itu membuat Anda menderita, Anda harus dapat melihat penderitaan itu sebagai hal yang menuntun Anda pada kebahagiaan. 

Rasa syukur membentuk sikap Anda.

Sekalipun Anda dalam kesedihan, bersyukur merupakan hal yang menuntun Anda menemukan jalan keluar. Bersyukurlah atas pencapaian dan dukungan yang membuat Anda dapat melihat hidup lebih jelas, lebih percaya diri dan memberikan pandangan akan keterbatasan yang Anda miliki serta cara untuk mengatasinya. Bersyukur mampu menghilangkan pikiran negatif dan membuat Anda menjadi lebih positif.
 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang terus bersyukur memiliki motivasi yang tinggi dan juga kesehatan mental yang baik. Jadi, saat hidup terasa berat, pastikan bahwa ucapan syukur tetap dapat keluar dari mulut Anda.
 

Percayalah pada diri dan kebenaran Anda. 

Banyak orang sulit untuk memiliki sikap positif saat melalui masa-masa sulit karena mereka kehilangan kepercayaan diri. Mereka meragukan kemampuan diri karena kegagalan yang dialami. Mereka berpikir bahwa mereka tidak mampu untuk bangkit. 
 
Kepercayaan diri bukanlah sebuah talenta, hadiah atau keberuntungan. Kepercayan diri datang dari keberanian untuk mengatasi kesulitan dan ketakutan yang dihadapi. Untuk mendapatkannya, Anda harus keluar dari zona nyaman. Semakin Anda banyak melakukan suatu hal, semakin Anda percaya pada diri sendiri maka semakin Anda memiliki sikap positif. Kepercayaan diri membantu Anda untuk melihat tujuan dengan jelas dan mencapainya, melihat kekuatan Anda dan melampaui keterbatasan yang menghalangi Anda. 
 

Sikap Anda menentukan kesuksesan Anda.

Sikap positif sangatlah penting bagi kesuksesan Anda. Ini lebih dari sekadar pola ikir atau kondisi pikiran. Sikap Anda menentukan perilaku dan tindakan. Dan inilah yang menentukan lamanya waktu yang Anda butuhkan untuk keluar dari kondisi Anda saat ini.
 
Jika saat ini Anda sedang tidak merasa bahagia, cobalah untuk melihat segala sesuatunya lebih positif. Sikap positif bukan hanya memberikan keuntungan, ini juga memberikan kesehatan positif jangka panjang. 
 
Rangkullah kegagalan dan jadikanlah itu sebagai pengalaman untuk belajar dan bertumbuh. Latih diri Anda untuk terus bersyukur dalam segala keadaan dan percayalah pada diri Anda sendiri saat Anda mengalami tantangan. Milikilah sikap-sikap positif ini agar Anda dapat mengubah keterbatasan menjadi kekuatan. Ingat, kesuksesan Anda ditentukan oleh cara Anda menyikapinya. Jadi, mari kita bersikap positif mulai sekarang agar kita mendapatkan kesuksesan yang kita impikan.

Featured Career Advice