×
STUDILMU Career Advice - Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja
Self Improvement

Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa sih pengertian tidur siang? Singkatnya, pengertian tidur siang menurut para ahli adalah tidur yang dilakukan pada siang hari dan biasanya hanya berlangsung dalam beberapa menit saja, tidak berlangsung selama berjam-jam. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa tidur siang adalah rutinitas yang tidak boleh diabaikan loh, rekan-rekan. Mengapa demikian? Karena para ahli menemukan adanya koneksi yang kuat antara tidur yang cukup dengan kinerja yang diberikan saat bekerja. Menurut website sleep junkie dot org, ada koneksi yang begitu kuat antara tidur dengan kinerja kita di kantor. Langsung saja yuk simak penjelasannya berikut ini.  
 

Hubungan antara Tidur dan Kinerja

Sudah banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa tidur yang cukup akan membuat otak bekerja dengan lebih baik. Baru-baru ini, ada sebuah studi yang fokus pada efek tidur terhadap kinerja karyawan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan bagi para karyawan, pemilik perusahaan, pemimpin, bahkan para pengusaha. 
 
Berdasarkan hasil beberapa penelitian, survei, wawancara dan penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang mengalami masalah tidur cenderung merasa depresi dan cemas. Tidak hanya itu, perasaan depresi dan kecemasan yang mereka alami sangat berpengaruh buruk pada kinerja mereka di kantor. Berikut ini adalah beberapa hasil statistik yang perlu kita ketahui:
- Seseorang dengan perasaan cemas, depresi dan hanya memiliki durasi tidur yang pendek, sebanyak 2.54 kali lebih mungkin memiliki kinerja yang merosot, bahkan bisa kehilangan pekerjaan mereka dalam jangka panjang.
- Seseorang dengan kecemasan dan depresi, sebanyak 2.2 kali lebih tinggi mengalami gangguan kinerja. 
- Seseorang yang mengalami insomnia, 56% cenderung memiliki gangguan kinerja, dan seseorang yang selalu tidur kurang dari 6 jam per malam cenderung mengalami penurunan kinerja dan memiliki lebih banyak absen dalam waktu yang cukup lama. 
 

Lantas, Perlukah Menyempatkan Waktu Tidur di Tempat Kerja?

Featured Career Advice