×
STUDILMU Career Advice - Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja
Self Improvement

Pengertian Tidur, Manfaat Tidur, Serta Hubungan Antara Tidur dan Kinerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Ketiga, perhatikan jam tidur yang baik. Maknanya, tidur yang berkualitas bisa diraih ketika kita tidak beranjak tidur terlalu malam atau yang sering kita sebut dengan istilah begadang. Langkah terakhir, pastikan bahwa tempat tidur atau kasur tidur kita benar-benar bersih dan rapi. Ini sangat penting loh, rekan-rekan. Apalagi jika rekan-rekan pembaca memiliki penyakit alergi tertentu seperti, asma. Wah, kebersihan kamar dan tempat tidur perlu menjadi perhatian utama. 
 
Tidur menjadi hal yang membentuk sepertiga kehidupan manusia. Dalam dunia kesehatan, tidur dianggap menjadi rutinitas yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, karena kurangnya tidur akan menyebabkan gangguan fisik parah yang diikuti oleh tanda-tanda kehilangan kemampuan kognitif dan pada akhirnya bisa membawa individu pada kematian dini. Itulah mengapa ada banyak manfaat tidur berkualitas yang bisa kita dapatkan, terutama jika kita menerapkan waktu yang teratur dalam tidur. Beberapa manfaat tidur yang sering kita dengar diantaranya seperti, melindungi kesehatan fisik dan mental, menjaga kualitas hidup, serta menjaga keselamatan pribadi. Oh ya, selain itu ada 5 manfaat tidur lain yang perlu kita ketahui loh, rekan-rekan. Dengan mengenal manfaat tidur lebih dalam, kita akan semakin yakin bahwa aktivitas tidur memang sangat penting untuk kelangsungan kehidupan kita. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

Manfaat Tidur

1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.

Seperti yang sudah kami jelaskan sedikit di awal artikel ini bahwa tidur yang berkualitas akan membantu tubuh kita menjadi lebih kebal, terutama kebal terhadap penyakit. Jadi, bagi rekan-rekan pembaca yang ingin memiliki kekebalan tubuh, jangan meremehkan tidur yang teratur ya!
 

2. Mengontrol Suhu Tubuh dan Penggunaan Energi (Metabolisme).

Tidur yang baik, berkualitas dan teratur akan membantu mengontrol suhu tubuh serta mengontrol metabolisme di dalam tubuh kita. Dengan tidur teratur, kita akan jauh dari berbagai macam penyakit, dan tentunya tingkat stres juga akan menurun loh!
 

3. Mengontrol Otak Berfungsi dengan Baik dan Mengembalikan Memori (Ingatan).

Tidur yang baik dan teratur memiliki kaitan yang sangat erat dengan perbaikan fungsi kognitif manusia. Sudah ada banyak sekali penelitian yang menyatakan bahwa tidur yang berkualitas dan teratur akan mengembalikan bahkan mempertajam ingatan (memori) kita. Pernah tidak waktu dulu, rekan pembaca begadang semalaman sampai kurang tidur hanya untuk belajar materi yang akan diujikan esok hari. Namun, saat ujian berlangsung rekan pembaca seperti nge-blank atau merasa tidak tahu apa-apa. Padahal, rekan pembaca sudah belajar semalaman suntuk. Hal itu membuktikan bahwa kurang tidur dapat mengganggu fungsi otak kita. 
 

4. Mengatur Nafsu Makan dan Berat Badan, serta Mengendalikan Kadar Glukosa dalam Darah.

Kabar baik lain datang dari dunia kesehatan bahwa tidur yang baik dan teratur dapat menjauhkan kita dari obesitas. Waw! Keren ya, rekan-rekan?! Jadi, mulai dari sekarang rekan-rekan harus tidur dengan teratur ya. 
 

5. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah.

Manfaat kelima yang tidak kalah penting, tidur yang baik, berkualitas dan teratur akan membantu kita dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika kita tidur, tubuh kita akan beristirahat. Artinya, tubuh kita akan menghemat energi, menurunkan tekanan darah, menstabilkan detak jantung, pernapasan, dan suhu tubuh. Jadi jika kita benar-benar ingin memiliki kehidupan yang sehat, mulai dari sekarang kita harus memperhatikan pola tidur dengan sangat baik. 
 
Hmm, tapi bagaimana ya dengan para karyawan atau pekerja yang kehidupannya begitu sibuk? Sampai-sampai mereka harus membawa pekerjaan kantor ke rumah dan mengerjakannya sampai begadang, atau lembur di kantor karena tugas kerja tidak kunjung selesai. Terlebih lagi, banyak realitas menunjukkan bahwa karyawan cenderung mengantuk di siang hari yang mana kita tahu jam kantor masih berlangsung. 
 

Kalau begitu, Perlukah Tidur Siang di Kantor?

Featured Career Advice