Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Pengertian Kartu Kredit dan 20 Cara Menggunakannya Secara Efektif

Pengertian Kartu Kredit dan 20 Cara Menggunakannya Secara Efektif


STUDILMU Users
by STUDiLMU Editor

Apa Itu Kartu Kredit? 

Kartu kredit adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh bank tertentu sebagai kartu pembayaran yang diberikan kepada nasabahnya (pemegang kartu) untuk memungkinkan pemegang kartu membayar merchant atas barang dan jasa yang digunakan. Kartu kredit memberlakukan ketentuan pada pemegang kartu untuk membayar kembali uang yang dipinjam, ditambah dengan bunga (interest), serta biaya tambahan lain yang telah disepakati oleh pemegang kartu dan penerbit kartu (bank) sebelumnya.
 
Dalam dunia perbankan, banyak sekali bank yang menawarkan para nasabahnya untuk membuat kartu kredit atau credit card. Tak sedikit orang yang tergiur dengan tawaran ini, karena dengan memiliki kartu kredit kita akan dimudahkan dalam beberapa hal, terutama urusan finansial. Apalagi banyak para merchant yang menawarkan diskon besar-besaran dalam setiap transaksi yang menggunakan kartu kredit. Wah, kelebihan ini membuat banyak orang semakin tertarik untuk menggunakannya.
 

Kegunaan Kartu Kredit

Ada berbagai kegunaan kartu kredit yang memudahkan para pemegang kartunya dalam bertransaksi dengan para merchant. Kartu kredit memungkinkan kita untuk meminjam uang dari bank dalam melakukan pembelian barang-barang atau layanan jasa yang ingin kita inginkan. 
 
Salah satu contoh penggunaan kartu kredit, saya ingin membeli laptop baru untuk menunjang pekerjaan saya. Namun, saya belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya. Dalam hal ini, jika pihak merchant menyediakan metode pembayaran dalam kartu kredit, maka kita bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli laptop yang kita inginkan. Kartu kredit tidak hanya berguna untuk membeli barang-barang keseharian yang akan kita gunakan seperti, tas, sepatu, handphone, laptop, dan lain sebagainya. 
 
Namun, kartu kredit juga bisa digunakan untuk rekan-rekan Career Advice yang sedang mencari dan memilih properti idaman Anda. Apabila rekan pembaca ingin membeli satu unit apartemen atau rumah, Anda bisa mengajukan pinjaman kepada bank dan melakukan cicilan properti dengan menggunakan kartu kredit yang Anda miliki. Ingin memulai usaha? Jangan khawatir, ada berbagai cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha yang akan memudahkan kita untuk memulai usaha mulai dari sekarang. 
 
Apakah rekan pembaca suka belanja? Jika ya, rekan pembaca juga perlu mengetahui berbagai cara menggunakan kartu kredit untuk belanja online. Terlebih lagi, ada banyak diskon yang disediakan oleh merchant untuk para pelanggannya dalam transaksi online. Jadi, pastikan rekan pembaca dapat menggunakan kartu kredit Anda dengan pemakaian yang baik dan tepat. 
 
Salah satu cara menggunakan kartu kredit agar tidak kena bunga adalah dengan membayar kembali uang yang kita pinjam dari bank dalam masa tenggang 25-30 hari. Akan tetapi, jika kita tidak membayarnya kembali dalam periode waktu tersebut, maka kita harus membayar bunga (interest) berdasarkan persentase dari jumlah hutang kita kepada bank, di atas total jumlah uang yang kita pinjam.
 

Kartu Kredit Termurah dan Termudah

Dengan segala kemudahannya, tidak heran jika banyak orang yang mencari kartu kredit termurah dan termudah dalam pengajuan dan pembuatannya, sehingga mereka bisa membeli banyak barang dan layanan jasa dengan potongan harga yang menarik dan jumlah bunga yang tidak terlalu tinggi. Oh ya, untuk mengajukan penggunaan kartu kredit, rekan pembaca juga tidak perlu repot-repot untuk pergi dan mengantri di bank. Para nasabah bisa mengajukan pendaftaran kartu kredit online gratis dengan sangat mudah. 
 
Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu rekan-rekan Career Advice ketahui dan pahami, sebelum rekan pembaca benar-benar memutuskan untuk memiliki kartu kredit. Sebagai contoh, memahami bagaimana prinsip penggunaan kartu kredit dan sistem penggunaan kartu kredit. Menurut website the balance dot com, ada 20 cara terbaik dan efektif dalam menguasai penggunaan kartu kredit. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
Halaman Sebelumnya 1234