×
STUDILMU Career Advice - Pengertian Hutang dan 8 Cara Mengelola Hutang secara Efektif
Self Improvement

Pengertian Hutang dan 8 Cara Mengelola Hutang secara Efektif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

5. Lakukan Pembayaran dengan Jumlah Minimum. 

Jika uang yang kita miliki belum cukup untuk membayar hutang dengan jumlah yang lebih, tidak mengapa. Setidaknya, kita harus membayar tagihan hutang dengan jumlah minimum agar hutang yang kita miliki semakin lama semakin menurun jumlahnya. Jika kita melewatkan pembayaran hutang, maka kita akan semakin sulit untuk melunasi hutang-hutang yang ada.  
 

6. Miliki Tabungan Khusus untuk Dana Darurat. 

Hidup memang memberikan banyak kejutan kepada kita. Tidak ada yang tahu ujian kehidupan apa yang akan menimpa kita pada hari ini atau esok hari. Untuk menjalani kehidupan dengan tentram dan tanpa hutang yang menumpuk, kita perlu memiliki tabungan khusus yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan darurat seperti, biaya perawatan rumah sakit, biaya kecelakaan, dan lain sebagainya. 
 

7. Buat Rancangan untuk Anggaran Bulanan. 

Intinya, setiap sebelum atau sesudah menerima gaji bulanan, kita perlu merancang anggaran bulanan dengan rinci dan tepat. Jangan tergoda dengan barang-barang yang sebenarnya tidak menjadi kebutuhan kita. Usahakan untuk selalu mendahulukan kebutuhan daripada keinginan. Merancang anggaran bulanan dengan baik adalah langkah awal untuk mengelola hutang secara efektif. 
 

8. Kenali Tanda-Tanda bahwa Kita Membutuhkan Bantuan.

Jika kita merasa kesulitan untuk membayar hutang dan tagihan lainnya setiap bulan, ini mungkin menandakan bahwa kita memerlukan bantuan dari perusahaan penghilang hutang, seperti agen konseling kredit. Alternatif lain untuk mendapatkan keringanan hutang adalah konsolidasi hutang. Dengan kata lain, jika diri kita atau perusahaan benar-benar merasa tidak mungkin untuk melunasi hutang-hutang yang ada, cobalah untuk mencari jalan keluar lainnya dengan meminta bantuan. 
 
Itulah penjelasan tentang pengertian hutang, hutang piutang, hutang lancar, hutang jangka pendek, hutang jangka panjang, hutang perusahaan dan bagaimana cara mengelola hutang secara efektif. Kami berharap artikel-artikel kami dapat mendorong semangat rekan-rekan pembaca untuk terus bekerja keras dalam meraih kesuksesan Anda semua. Salam sukses, rekan-rekan Career Advice!
1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice