×
STUDILMU Career Advice - Pengertian Hutang dan 8 Cara Mengelola Hutang secara Efektif
Self Improvement

Pengertian Hutang dan 8 Cara Mengelola Hutang secara Efektif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 

1. Buat Daftar Hutang dengan Serinci Mungkin. 

Cara pertama untuk mengelola hutang dengan baik adalah merinci kembali daftar-daftar hutang yang kita miliki. Dalam hal ini, kita perlu membuat daftar dengan siapa atau kepada pihak lembaga apa kita berhutang, berapa jumlah masing-masing hutang, berapa jumlah bunganya, sudah berapa banyak pembayaran yang dilakukan setiap bulannya dan pada tanggal berapa jatuh temponya. Dengan memiliki daftar hutang yang rinci seperti itu, kita akan memiliki gambaran besar dalam mengelola hutang kita. 
 

2. Bayar Tagihan Hutang dengan Tepat Waktu Setiap Bulannya. 

Jangan tunggu sampai tanggal jatuh tempo berakhir atau menunggu pihak pemberi pinjaman untuk menagih uangnya kepada kita. Untuk menghindari jumlah hutang yang menumpuk, kita harus membiasakan diri untuk membayar tagihan hutang dengan tepat waktu setiap bulannya. Ingat, jangan membiasakan diri untuk menunggak hutang ya, rekan-rekan. 
 

3. Buat Kalender Pembayaran untuk Tagihan Bulanan. 

Agar pengelolaan hutang kita menjadi lebih baik, kita bisa menggunakan kalender sebagai pengingat untuk membayar hutang setiap bulannya. 
 
Pada kalender tersebut, kita bisa menulis sejumlah hutang yang harus dibayar di sebelah tanggal jatuh tempo. Jika kita membayar hutang pada hari atau tanggal yang sama setiap bulannya, misalnya setiap tanggal 1 di awal bulan atau tanggal 15 di pertengahan bulan kita selalu membayar tagihan, maka kita dapat menggunakan kalender yang sama dari bulan ke bulan. Namun, jika gaji kita jatuh pada hari yang berbeda-beda dalam sebulan, maka kalender pembayaran ini akan sangat bermanfaat bagi kita. 
 

4. Tentukan Prioritas dalam Pembayaran Hutang. 

Putuskan hutang mana yang akan didahulukan untuk dibayar. Biasanya, banyak orang yang berusaha untuk melunasi hutang kartu kreditnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar mereka terhindar dari jumlah bunga yang semakin lama semakin meningkat. Selain itu, kita juga bisa kok mendahulukan pembayaran hutang yang jumlahnya paling sedikit. Intinya, tentukan saja hutang mana yang akan kita lunasi terlebih dahulu ya, rekan-rekan. 

Featured Career Advice