Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Pembahasan Politik di Lingkungan Kerja

Pembahasan Politik di Lingkungan Kerja


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Politik adalah topik pembahasan yang tidak tepat untuk dibahas di lingkungan kerja. Pada waktu lalu, negara kita baru saja mengadakan pesta politik. Beberapa orang mungkin membawa pembahasan politik ini ke lingkungan kerja, namun beberapa mungkin memilih untuk diam dan tidak membahas hal tersebut.
 

Perlukah kita membahas politik di lingkungan kerja? 

Tentu saja tidak. Pembahasan politik adalah hal yang harus dihindari. Mengapa? Tidak semua orang di tempat kerja memiliki ideologi dan pandangan yang sama dengan kita. Pembahasan politik dapat merusak hubungan personal yang kita miliki. Pembahasan politik di kantor juga dapat membuat setiap orang merasa tidak nyaman, sekalipun membahasnya dengan orang-orang yang memiliki ideologi dan pandangan yang sama. Jika pembahasan politik di lingkungan kerja terus terjadi, ini akan memancing kemarahan atasan atau bos. 

Apakah bos berhak menghentikan pembahasan politik di lingkungan kerja?

Seorang bos memiliki hak penuh untuk menghentikan pembicaraan politik di lingkungan kerja, apalagi jika pembahasan tersebut menimbulkan ketegangan dan membuat semua orang tidak dapat menyelesaikan tanggung jawab yang dimiliki. Bos bahkan berhak melarang dan menegur jika kita terus membahas politik di lingkungan kerja. Hal itu pun legal secara hukum.

Bagaimana dengan celotehan di sosial media?

Setiap kita berhak untuk mengutarakan hal-hal yang berkaitan dengan pikiran dan perasaan pribadi, tetapi ini bukan berarti bahwa kita memiliki kebebasan yang hakiki. Bos bisa saja membaca postingan tersebut dan memecat kita karena telah melanggar ketetapan perusahaan. Jika rekan kerja melihat dan membaca postingan tersebut, dapat membuat mereka membenci kita. Mengutarakan hal-hal yang ada di pikiran memang adalah hal yang diperbolehkan, tetapi kita harus memikirkannya lebih jauh. Kita menghabiskan banyak waktu di kantor dengan rekan-rekan setiap harinya. Apakah kita dapat bekerja dengan baik jika memiliki hubungan yang tidak baik? Pasti tidak dong. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika menghindari hal-hal yang dapat merusak hubungan kita dengan rekan-rekan di tempat kerja. Jika kita benar-benar ingin menyampaikannya di media sosial, sembunyikanlah postingan tersebut dari bos dan rekan kerja lainnya.

Selain pembahasan politik, apa yang dapat dibicarakan di tempat kerja?

Ada banyak hal yang dapat dibicarakan di tempat kerja selain politik, misalnya membicarakan hewan peliharaan dapat menjadi pilihan yang dapat dipertimbangkan. Masih ada banyak alternatif lainnya yang dapat menjadi topik pembicaraan kita di tempat kerja, seperti:
- Membicarakan rencana liburan mendatang. Apakah kita baru saja kembali dari liburan atau rencana liburan apa yang sudah kita buat? Cobalah untuk membahas hal ini. Rekan kerja pasti akan suka  dengan pembahasan ini.
- Berbagi resep masakan. Berbagi resep masakan dengan rekan kerja merupakan hal yang sangat menarik untuk dibahas. Katakanlah bahwa kita sangat ahli dalam memasak ayam pindang, bandeng presto, nasi liwet atau masakan lainnya. Siapa tahu kita bisa saling membawa dan mengadakan potluck, bukan?
- Memberikan rekomendasi restoran atau kedai kopi. Cobalah untuk membahas restoran terenak yang ada di tengah kota atau bahkan kedai kopi ternyaman yang pernah kita kunjungi. Ini akan jauh lebih menarik daripada membicarakan pembahasan politik yang pelik.
- Membicarakan hal yang kita lakukan di akhir pekan. Selama kegiatan akhir pekan kita tidak terhubung dengan hal-hal politik, kita dapat menceritakannya kepada rekan kerja. Dengarkan juga bagaimana rekan kerja menghabiskan akhir pekannya.
- Membicarakan buku yang baru saja dibaca atau film yang baru saja ditonton. Buku apa yang kita baca akhir-akhir ini? Film apa yang baru saja kita tonton di bioskop? Bagikanlah hal tersebut dengan rekan kerja. Kita dapat merekomendasikan buku ataupun film tersebut jika sesuai dengan minat rekan kerja. Bicarakan tokoh dan pesan yang dapat diambil. Dengan begitu, kita tidak akan terpikirkan untuk membahas politik.
 
Itulah topik pembicaraan yang dapat menjadi alternatif. Namun, politik adalah hal yang tak terhindarkan. Lalu, apa yang harus dilakukan jika kita baru saja melewati suatu kegiatan politik?
- Jangan pernah tertawa. Jika kandidat yang terpilih adalah kandidat dari kita, maka tidak perlu menunjukkan kebahagiaan tersebut. Jika memang diharuskan, rayakan kemenangan tersebut di waktu lain dan tempat yang tepat.
- Jangan mencibir. Jika kandidat pilihan kita kalah dalam pemilihan, berusahalah untuk tidak mencibir kandidat yang menang. Berfokuslah pada perayaan kemenangan yang ada. 
- Jangan mengenakan pakaian atau atribut yang berisi slogan atau wajah kandidat pilihan kita seperti topi, kaos, syal atau atribut lainnya. Jangan sampai kita mengenakannya saat pergi ke kantor.  
 
Politik memang merupakan hal yang menarik untuk dibahas, tetapi politik bukanlah hal yang tepat untuk dibawa ke tempat kerja. Politik dapat menimbulkan perdebatan dan menimbulkan ketegangan di lingkungan kerja. Ini akan menciptakan ketidaknyamanan yang dapat memengaruhi kinerja setiap orang.
 
Jadi, pastikan bahwa kita membahas politik dengan orang-orang yang tepat ya, rekan pembaca. Jangan sampai kita membahas politik di lingkungan kerja dan membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman. Dengan begitu, kita akan tetap memiliki hubungan baik dengan rekan-rekan kerja lainnya.