×
STUDILMU Career Advice - Passion Adalah Jalan Menuju Keuntungan
Self Improvement

Passion Adalah Jalan Menuju Keuntungan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Apa itu passion? Passion adalah suatu gairah atau perasaan antusiasme yang sangat kuat, yang mana perasaan ini mendorong kita untuk melakukan suatu hal. Apakah pembaca Career Advice sudah mempunyai bayangan mengenai hal apa yang menjadi passion rekan-rekan pembaca?
 
Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas lebih dalam tentang “apa itu passion?”, maka yang berbeda dari artikel kali ini adalah kita akan membahas beberapa passion yang dimiliki oleh banyak orang. Hebatnya, itu semua bukan hanya sekedar passion, namun kita bisa menjadikannya sebagai peluang mata pencaharian yang sangat menguntungkan. Apakah rekan-rekan pembaca merasa penasaran profesi apa saja yang masuk ke dalam kategori tersebut? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Fotografi

Cekrek sana, cekrek sini, hunting foto untuk mencari hasil yang terbaik dan melihat berbagai sisi untuk mendapatkan hasil foto yang luar biasa. Hmm, apakah pembaca Career Advice adalah satu diantaranya? Apabila rekan-rekan pembaca dapat mengubah fotografi Anda dari kasual menjadi karya yang artistik, maka ini dapat menjadi aset yang berharga. 
 
Untuk mengecek apakah hasil jepretan Anda banyak diminati oleh banyak orang atau tidak, coba deh unggah foto-foto tersebut di dalam media sosial Anda. Misalnya, unggah beberapa foto di Instagram, Pinterest dan platform foto lainnya. Jika banyak yang menyukai foto-foto Anda dan juga komentar yang positif. Maka, ini saat yang baik untuk menjadikan hobi Anda menjadi sebuah profesi dan meraih keuntungan lebih. 

2. Desain Web

Apakah rekan pembaca adalah seseorang yang sangat mencintai teknologi, komputer dan segala hal yang berkaitan dengan web? Kabar baik bagi Anda semua bahwa saat ini telah terbuka peluang yang sangat luas bagi Anda yang mahir dalam desain web. Ada begitu banyak perusahaan yang mencari orang-orang ahli dan hebat dalam desain web untuk kemajuan bisnis mereka. 
 
Apabila pembaca Career Advice punya bakat ini namun belum terlalu mahir, maka tidak perlu khawatir. Karena sudah ada banyak lembaga yang menawarkan kelas khusus agar kita dapat memperdalam keterampilan ini. 
 

3. Desain Grafis

Hampir sama dengan desain web, mereka yang memiliki ketertarikan terhadap desain grafis juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari keterampilan ini. Jangan berhenti untuk mengekspresikan kreativitas yang Anda miliki dalam desain apapun. Para pembaca Career Advice yang memiliki keterampilan ini dapat memulai dengan mendesain kaos, jaket, atau bahkan logo sebuah perusahaan atau produk. Dan, jangan meremehkan hal ini, karena hasil pendapatannya lumayan fantastis loh! Jadi, jika rekan-rekan Career Advice memiliki kreativitas yang tinggi, bakat serta seni dalam desain grafis, jangan disia-siakan ya. 

4. Membuat dan Menyunting Video

Jika mungkin pembaca Career Advice tidak terlalu suka dengan foto, namun lebih menyukai video. Bagus! Ini juga merupakan hal yang banyak dicari oleh kebanyakan orang saat ini. Pasti rekan-rekan sering melihat para anak muda yang membuka paket video pra-pernikahan atau pernikahan untuk para pasangan muda yang ingin menuju jenjang pernikahan. Ini benar-benar dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Dengan melakukan shooting dan penyuntingan video, ditambah dengan audio romantis. Dan, ya! Hobi Anda bisa menjadi suatu hal yang luar biasa. 
 

5. Menulis

Apakah Anda adalah seorang yang sangat suka menulis? Setiap merasa senang atau sedih, Anda sangat pintar untuk menuangkannya ke dalam kata-kata yang indah, sehingga membuat para pembaca tulisan Anda ke dalam lamunan bacaan tersebut. Jika keterampilan ini dimiliki oleh rekan pembaca, maka Anda hebat!
 
Jadikan ini sebagai penghasilan tambahan rekan pembaca. Jangan hanya ‘menyihir’ diri sendiri dengan kata-kata yang luar biasa, namun cobalah juga untuk ‘menyihir’ para pembaca lainnya dengan pilihan kata-kata Anda yang indah. Untuk mengecek apakah tulisan Anda diminati banyak orang atau tidak, coba deh unggah tulisan Anda ke dalam sebuah blog, dan sebarkan linknya sehingga orang-orang bisa dengan mudah masuk ke dalam blog Anda dan terpukau dengan isinya. 
 

6. Instruktur Senam 

Rekan pembaca suka berolahraga? Atau mungkin lebih dari itu. Menjadi instruktur senam atau aktivitas kebugaran lainnya adalah hal yang benar-benar menjadi passion Anda. Jika memang begitu, bagus! Ini bisa kita jadikan penghasilan tambahan, dengan mendaftarkan diri menjadi instruktur kebugaran setiap akhir pekan dengan peserta para ibu-ibu yang ingin sehat, atau para remaja yang sedang ingin membentuk badan menjadi lebih sehat dan bugar. 
 

7. Menjadi Mekanik

Jika rekan pembaca tergila-gila dengan mobil dan segala hal yang berkaitan dengan industri otomotif, mungkin ini waktu yang sangat tepat untuk menjadikan kesukaan tersebut sebagai profesi tambahan. Coba deh rekan pembaca mendalami bidang ini lebih lanjut, karena menjadi mekanik juga memiliki permintaan pasar yang tinggi loh!

8. Pembuat Kue

Setiap hari melihat video tutorial cara membuat kue tart atau kue kering, setiap pergi belanja pasti mampir ke toko kue untuk beli peralatan kue dan bahan-bahannya. Tidak hanya itu, bahkan rekan pembaca juga melakukan beberapa eksperimen untuk membuat kue yang tidak biasanya, belum pernah ada di buku resep manapun. 
 
Wah! Kalau sudah seperti ini mah keren banget deh. Jangan sia-siakan keterampilan yang satu ini. Hampir semua orang pasti suka makan kue, jadi kenapa tidak mulai saja dari sekarang bisnis kuenya? 
 

9. Pekerjaan Tukang Kayu

Ingin punya lemari kayu, tempat duduk kayu, meja dan lain sebagainya. Namun, Anda memilih untuk tidak membelinya dari toko perabotan, melainkan membuatnya sendiri. Keren! 
 
Jika rekan pembaca memiliki keterampilan seperti ini, kini sudah saatnya rekan pembaca membuatnya dan menawarkannya kepada banyak orang. Siapa tahu beberapa tahun kemudian rekan pembaca bisa membuka toko mebel, hebat bukan?
 

10. Wasit Olahraga

Hobi Anda tentang olahraga sering membawa rekan pembaca menjadi pemain unggulan dan juga wasit pertandingan. Entah itu pertandingan bola basket, sepak bola, futsal, bola voli, dan cabang olahraga lainnya. 
 
Keterampilan ini bisa para pembaca Career Advice manfaatkan dengan sangat baik. Coba deh untuk bekerja paruh waktu sebagai wasit olahraga. Terutama saat sedang musim pertandingan olahraga. Hasilnya akan sangat lumayan untuk tambahan tabungan kita di masa depan. 

11. Mengajar dan Memberikan Bimbingan Belajar 

Untuk menjadi pengajar, kita tidak perlu menjadi seorang lulusan perguruan tinggi yang hebat dengan IPK di atas 3.8. Ada banyak cara untuk menjadi guru, terlebih lagi jika rekan pembaca memiliki minat dan keterampilan dalam mengajarkan pelajaran kepada orang lain. 
 
Jika rekan pembaca memiliki keterampilan ini, coba deh untuk membuka tempat les atau menjadi guru paruh waktu dalam mengajar dan memberikan bimbingan belajar kepada orang lain. 
 
Ok, itu dia beberapa hobi atau passion yang dimiliki oleh banyak orang, dan memiliki peluang besar untuk mendapatkan keuntungan lebih atau pendapatan tambahan. Jika rekan-rekan Career Advice memiliki satu atau lebih dari hobi yang disebutkan di atas, maka tunggu apalagi? Yuk, tingkatkan keterampilan tersebut menjadi sebuah profesi baru atau profesi paruh waktu. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice. 

Featured Career Advice