×
STUDILMU Career Advice - Optimisme, Melihat Hal Baik di Berbagai Kendala
Self Improvement

Optimisme, Melihat Hal Baik di Berbagai Kendala

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4.    Fokus pada hal positif
Penting untuk diingat bahwa bukan sebuah kejadian yang membuat kita tidak bahagia, tetapi reaksi Anda terhadap kejadian tersebut. Dan meskipun Anda tidak selalu dapat mengubah kejadian tersebut, Anda selalu dapat mengubah respons Anda. Ketika situasi negatif terjadi, cobalah untuk merekam ulang kejadian tersebut dan berfokus pada hal positif yang masih tertinggal atau apa yang dapat Anda pelajari dari situasi tersebut.


5.    Jangan mencoba untuk memprediksi masa depan
Ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dalam hidup, orang yang optimis cenderung melihat setiap kejadian sebagai sebuah peristiwa yang harus difokuskan untuk diperbaiki. Sementara orang pesimis sering berpikir dan mengkhawatirkan pola nasib buruk yang mengatakan "jika itu terjadi sekali, itu pasti akan terjadi lagi". Namun, penting untuk tidak mencoba memprediksi masa depan berdasarkan apa yang telah terjadi sebelumnya. Rencana atau hubungan yang gagal, atau hanya karena sesuatu yang mengecewakan telah terjadi sekali (atau lebih), maka itu akan membuatnya terjadi terus menerus. Ingatkan diri Anda bahwa itu hanya sementara dan tidak akan terjadi lagi.


6.    Kelilingi diri Anda dengan hal-hal positif
Bukan tidak mungkin aura negatif bisa dihasilkan dari orang lain, entah itu keluarga, teman dekat, ataupun teman kantor Anda. Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berpikiran negatif terus-menerus dan melihat hal buruk dalam setiap situasi dapat membuat Anda menjadi orang yang berpikiran negatif pula. Untuk membantu Anda tetap merasa optimis, Anda perlu dikelilingi oleh orang-orang positif yang membantu Anda menghargai kebaikan dalam sebuah situasi dan kehidupan secara umum. Ini juga berlaku untuk pengaruh lain dalam hidup Anda seperti ketika Anda menonton film, mendengarkan musik, atau membaca sastra. Apakah hal-hal tersebut mendorong optimisme atau justru menarik Anda menjadi lebih pesimis akan kehidupan? Pilih film, lagu atau bacaan yang dapat membawa dampak baik bagi perkembangan pikiran dan optimisme Anda. Biasakan untuk melingkupi diri Anda dengan pengaruh positif dan lihat dampaknya terhadap kondisi pikiran Anda. Sudah dipastikan Anda akan merasa lebih baik.

 

Featured Career Advice