×
STUDILMU Career Advice - Musik Meningkatkan Produktivitas
Productivity

Musik Meningkatkan Produktivitas

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4. Musik Video Game

Musik yang dibuat untuk video game salah satunya yang berfungsi sebagai musik latar suatu video game dapat menjadi musik yang bagus untuk membantu kita fokus dan berkonsentrasi. Setiap elemen video game dirancang untuk dapat memberikan pengalaman bermain game yang sempurna untuk semua panca indra kita, musiknya telah dikomposisikan secara khusus untuk membantu kita dapat fokus tanpa terganggu oleh hiruk pikuk suara lain yang ada di sekitar kita.

 

Musik ini umumnya tidak memiliki lirik atau tidak terdapat kata-kata dan tidak ada suara manusia. Musik ini cukup cepat untuk membuat kita bersemangat. Banyak dari video game melibatkan pemecahan teka-teki dan menghadapi situasi yang intens, jadi secara tidak langsung saat kita mendengarkan musik video game, music tersebut dapat membuat diri kita bersemangat dan siap menghadapi tantangan simulasi yang menegangkan.

 

Berikut ini beberapa referensi musik video game:

  • Battlefield One
  • Final Fantasy 7
  • The Legend of Zelda: Ocarina of Time
  • Assassin’s Creed 2
  • Halo
  • The Elder Scrolls V Skyrim

 

5. Musik dengan 50 hingga 80 Ketukan per Menit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bukan jenis musiknya yang penting dalam membantu kita untuk dapat tetap fokus dan produktif, tetapi tempo dari musik tersebut. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa musik dengan 50 hingga 80 ketukan per menit dapat meningkatkan dan merangsang kreativitas kita.

 

Berikut ini beberapa referensi musik dengan 50 hingga 80 Ketukan per Menit:

  • Mirrors by Justin Timberlake
  • Last Goodbye by Jeff Buckley
  • The Lazy Song by Bruno Mars
  • Chasing Pavements by Adele

 

6. Musik Favorit

Saat sedang melakukan pekerjaan yang kurang kita sukai, ada baiknya kita melakukan pekerjaan tersebut sambil mendengarkan musik yang kita sukai. Penelitian telah menemukan bahwa mendengarkan jenis musik favorit kita dapat meningkatkan mood dan produktivitas kita dalam bekerja.

 

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa para pekerja yang mendengarkan musik yang mereka sukai saat bekerja akan dapat menyelesaikan pekerjaan mereka lebih cepat dan mereka dapat menghasilkan ide-ide yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak mendengarkan musik saat bekerja, karena musik meningkatkan suasana hati mereka dan membantu mereka merasa lebih baik.

 

Itulah beberapa jenis musik yang dapat memberikan pengaruh baik dan positif untuk kita sehingga dapat membantu kita untuk dapat meningkatkan produktivitas. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mendengarkan musik jika sedang mencoba mempelajari hal baru atau sedang menghafal. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mendengarkan musik sambil belajar lebih sulit mengingat informasi di kemudian hari dibandingkan dengan mereka yang tidak karena musik menghabiskan terlalu banyak perhatian kita untuk mempelajari informasi baru secara akurat. Karena meskipun kita mungkin berpikir untuk fokus pada tugas kita, sebagian otak kita masih memperhatikan suara tersebut.

 

 

https://contendr.co.id/blog/how-music-affects-your-work-productivity

https://www.entrepreneur.com/article/325492

https://www.helpscout.com/blog/music-productivity/

12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice