×
STUDILMU Career Advice - Mindfulness Dalam Kerja
Emotional Intelligence

Mindfulness Dalam Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4. Hadir pada saat meeting

Mindfulness juga dapat membuat meeting menjadi lebih efektif. Untuk menghindari pikiran ke mana-mana di saat meeting,maka siaptkan waktu dua menit untuk mempraktikkan mindfulness. Anda bisa melakukan itu ketika sedang berjalan ke ruang meeting. Meskipun lebih baik, siapkan waktu 2 menit pertama sebelum memulai meeting, biarkan setiap orang hadir ke dalam meeting secara fisik dan mental. Lalu, jika memungkinkan akhiri meeting 5 menit sebelum jam kerja untuk membiarkan semua orang untuk melakukan transisi mindful pada meeting selanjutnya.

5. Mengambil keputusan

Mindfulness dapat membantu Anda agar tetap jeli dan menghindari pengambilan keputusan yang salah. Setelah makan siang, siapkan waktu setiap satu jam sekali berhenti sejenak dengan aktivitas yang sedang Anda lakukan, dan lakukan 1 menit praktik mindfulness. Istirahat sejenak mindfulness ini akan membantu mencegah Anda beralih ke autopilot dan masuk aktivitas yang tidak perlu.

6. Selesai Bekerja

Setelah Anda selesai bekerja dan sedang pulang menuju rumah, Anda juga masih bisa melakukan mindfulness ketika sedang dalam perjalanan ke rumah selama Anda harus memperhatikan juga dengan kendaraan apa yang Anda kendarai. Jika Anda sedang menggunakan kendaraan umum, Anda bisa menyisihkan waktu setidaknya 10 menit dalam perjalanan pulang untuk mematikan ponsel Anda, dan matikan radio Anda, dan nikmati perjalanan Anda. Abaikan berbagai pikiran yang muncul. Mulai fokus pada bernafasan Anda. Melakukan hal demikian akan membantu Anda menghilangkan stres yang muncul untuk hari itu, jadi Anda bisa pulang ke rumah dan secara penuh hadir untuk keluarga Anda.

Mindfulness bukan tentang hidup dengan ritme yang lambat. Mindfulness sebenarnya tetang fokus dan memperhatikan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Mindfulness juga tentang menghindari distraksi yang tidak perlu, dan tetap pada peran sebagaiindividu yang memiliki goals. Namun perlu diperhatikan bahwa mindfulness bukan merupakan hal yang mudah, mungkin pada saat awal melakukannya Anda akan mengalami kesulitan karena tidak terbiasa untuk fokus dan mengabaikan berbagai pemikiran yang muncul. Mindfulness adalah tentang praktik yang dilakukan secara rutin. Sudahkah Anda melakuan praktik mindfulness hari ini?

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice