×
STUDILMU Career Advice - Metode Stratifikasi, Cara Mudah untuk Mengklasifikasikan Berbagai Data
Tips of Management

Metode Stratifikasi, Cara Mudah untuk Mengklasifikasikan Berbagai Data

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa itu metode Stratifikasi?
Stratifikasi / Stratification didefinisikan sebagai tindakan untuk menyortir data, dan objek ke dalam suatu kelompok atau lapisan yang berbeda. Ini adalah teknik yang digunakan dalam kombinasi dengan alat analisis data lainnya. Ketika data dari berbagai sumber atau kategori telah disatukan, makna data bisa sulit untuk dilihat. Teknik pengumpulan dan analisis data ini memisahkan data sehingga pola dapat dilihat dan dianggap sebagai salah satu dari tujuh alat kualitas dasar/ QC 7 tools.
 
Kapan waktu yang tepat untuk menggunakan Metode Stratifikasi / Stratification ini?
Dalam proses penggunaan Metode Startifikasi ini, tentunya ada waktu yang paling tepat untuk menggunakn Metode Stratifikasi, yaitu:
- Sebelum mengumpulkan data.
- Ketika data berasal dari beberapa sumber atau kondisi, seperti shift, hari dalam seminggu, pemasok atau kelompok populasi.
- Ketika analisis data mungkin memerlukan pemisahan sumber atau kondisi yang berbeda.

Bagaimana cara untuk melakukan Metode Stratifikasi / Stratification tersebut?
Sebelum mengumpulkan data, pertimbangkan informasi mana tentang sumber data yang mungkin berpengaruh pada hasilnya. Siapkan pengumpulan data sehingga Anda juga mengumpulkan informasi tersebut.
Saat merencanakan atau membuat grafik data yang dikumpulkan pada diagram sebar, bagan kontrol, histogram, atau alat analisis lainnya, gunakan tanda atau warna yang berbeda untuk membedakan data dari berbagai sumber. Data yang dibedakan dengan cara ini dikatakan "diratifikasi."
Menganalisis subkumpulan data yang diratifikasi secara terpisah. Misalnya, pada diagram sebar di mana data diratifikasi ke dalam data dari sumber 1 dan data dari sumber 2, gambar kuadran, hitung poin dan tentukan nilai penting hanya untuk data dari sumber 1, lalu hanya untuk data dari sumber 2.
 
Langkah-langkah yang diperlukan dalam Stratification (Stratifikasi) adalah sebagai berikut :
1. Menentukan Tujuan dari penggunaan Stratifikasi
2. Menentukan variabel atau kriteria yang akan dikelompokkan
3. Membuat kelompok dan sub kelompok (jika diperlukan)
4. Memasukan faktor-faktor kedalam kelompok ataupun subkelompok yang sesuai
5. Agar data lebih mudah dilihat, data stratifikasi tersebut lebih baik dibuat ke dalam bentuk Pareto diagram atau Scatter Diagram.

Featured Career Advice