×
STUDILMU Career Advice - Meningkatkan Daya Ingat
E-learning

Meningkatkan Daya Ingat

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

  1. Sibukkan Diri dengan Hal Positif

Sibukkan diri dengan beragam aktivitas dan hal-hal yang positif, dengan demikian seluruh panca indra terutama otak pun akan selalu terasah dan terlatih. Jadwal kegiatan atau rutinitas yang padat dapat menjaga memori ingatan otak seseorang. Kegiatan-kegiatan positif yang dijalani dapat melatih kemampuan daya ingat seseorang, dan ketika kemampuan tersebut secara terus-menerus dilatih maka kemampuannya akan semakin meningkat.

 

  1. Biasakan Diri Hidup Teratur

Orang yang hidupnya terorganisir dan teratur akan lebih mudah untuk mengingat hal apapun. Buatlah daftar seperti tabel check list untuk berbagai kegiatan anda, agar dapat membantu anda untuk lebih mudah mengorganisirnya, melakukan cek, dan untuk mengingatnya kembali. Buatlah daftar tersebut dengan cara manual atau menggunakan tulisan tangan. Hal tersebut terbukti dapat meningkatkan ingatan dibandingkan dengan menggunakan alat bantu elektronik seperti mengetik atau merekam menggunakan gadget.

 

  1. Hindari Penggunaan Alat Komunikasi dan Elektronik yang Terlalu Sering

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, tidak dapat dipungkiri lagi jika kegiatan sehari-hari kita cenderung lebih banyak menggunakan alat-alat elektronik seperti laptop, komputer, ponsel, televisi, dan sebagainya. Alat-alat komunikasi dan atau alat-alat elektronik tersebut memancarkan radiasi yang secara tidak langsung dan tidak kita sadari dapat berpengaruh menurunkan kemampuan otak dan juga daya ingat. Alat-alat tersebut juga menghambat produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin adalah hormon alami yang dihasilkan oleh tubuh yang berperan penting dalam mengatur pola tidur seseorang. Siklus tidur yang tidak teratur benar-benar dapat menurunkan kualitas tidur dan dapat berpengaruh buruk untuk daya ingat. Kurang tidur merupakan salah satu penyebab atau faktor menurunnya daya ingat seseorang.

 

Tanpa tidur dan istirahat yang cukup, neuron di otak kita menjadi terlalu banyak bekerja. Mereka tidak dapat lagi mengkoordinasikan informasi dengan baik, sehingga lebih sulit untuk mengakses memori. Usahakan satu jam sebelum tidur hindari penggunaan ponsel, laptop dan sebagainya. Matikan perangkat-perangkat tersebut dan jangan biarkan Anda tertidur atau istirahat di dekat perangkat tersebut, biarkan otak anda bersantai dan beristirahat.

 

  1. Kelola Stres

Tidak mungkin seseorang tidak mengalami stres. Stres adalah salah satu hal normal yang dapat seseorang rasakan. Saat mengalami stres, tubuh melepaskan hormon stres seperti kortisol salah satunya. Kortisol telah terbukti sangat merusak proses memori otak, terutama kemampuan kita untuk mengambil kembali ingatan jangka pendek maupun jangka panjang. Seseorang yang sedang mengalami stres atau depresi lebih sulit untuk berpikir bahkan mengingat sesuatu. Jika seseorang mengalami stres atau depresi berat maka bisa saja mengalami kemungkinan terburuk yaitu menurunnya atau bahkan hilangnya daya ingat secara drastis. Oleh karena itu hindari stres dan jika mengalami stres usahakan untuk tidak menutupinya atau memendamnya sendiri. Ceritakan masalah yang sedang anda hadapi ke seseorang atau kerabat yang Anda percaya dan dapat membuat anda merasa lebih nyaman.

 

  1. Bersosialisasi

Manusia hakikatnya adalah makhluk sosial. Penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung yang kuat sangat penting untuk kesehatan emosional dan otak kita. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa seseorang dengan kehidupan sosial yang sangat aktif memiliki kemungkinan penurunan memori atau daya ingat paling lambat dibandingkan dengan yang kehidupan sosialnya kurang aktif. Contohnya dengan berbicara dengan orang lain saja dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini biasanya banyak digunakan oleh para pelajar ketika sedang melakukan hafalan suatu pelajaran.

 

  1. Nikmati Keindahan Alam

Keindahan alam sangatlah penting untuk kesehatan emosional bahkan juga fisik kita. Menikmati alam bahkan bisa dianggap sebagai salah satu bentuk meditasi. Beberapa studi dan penelitian menemukan fakta bahwa berjalan-jalan di taman atau kegiatan berkebun dapat meningkatkan memori atau daya ingat dan perhatian kita, dibandingkan dengan berjalan di kota yang ramai. Untuk itu sesekali disaat mengalami kejenuhan atau kepenatan dengan segala rutinitas di kota yang padat, ada baiknya untuk pergi mendekatkan diri dengan alam. Seperti mengunjungi tempat-tempat yang sejuk penuh dengan pepohonan, jauh dari hiruk pikuk kota, dipenuhi dengan tumbuhan-tumbuhan atau tanaman-tanaman dan bunga-bunga, atau mungkin ke pantai menikmati suara desiran ombak. Hal tersebut sangat baik untuk me­-refresh­ kembali otak kita sehingga kemampuan daya ingat kita pun yang mungkin tadinya berkurang karena sudah jenuh, dapat kembali meningkat dan jauh lebih baik dari sebelumnya.

 

Sumber:

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/healthy-aging/in-depth/memory-loss/art-20046518

https://www.healthline.com/health/how-to-improve-memory#The-bottom-line

https://www.healthline.com/nutrition/best-nootropic-brain-supplements#TOC_TITLE_HDR_4

https://hellosehat.com/saraf/alzheimer/banyak-cara-kreatif-memperkuat-ingatan/

123 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice