×
STUDILMU Career Advice - Mengoptimalkan Fungsi Warehouse
Productivity

Mengoptimalkan Fungsi Warehouse

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Tips memilih Warehouse Management System yang tepat:

1. Pertimbangkan Waktunya

Mengetahui kapan harus menggunakan WMS ke gudang Anda merupakan salah satu kunci sukses, terdapat satu cara untuk mengidentifikasi kapan saatnya menggunakan WMS. Jika Anda terus menambahkan pekerja gudang untuk memenuhi permintaan dan memastikan kepuasan pelanggan, mungkin inilah saatnya untuk serius memilih warehouse management system.

2. Pilih Software Gudang yang Dapat Menyarankan Penyimpanan Terbaik

Anda perlu memahami karakteristik gudang yang Anda miliki, mulai dari dimensi, suhu ruangan, hingga kemampuan floor loading dan loading docks. Dengan cara ini warehouse management system terbaik dapat menentukan barang mana yang cocok untuk disimpan di sana. Selain itu warehouse management system juga dapat menyarankan tata letak gudang yang optimal berdasarkan dimensi gudang dan dimensi setiap barang.

3. Tentukan Dana yang Akan Dikeluarkan

Penggunaan dana selalu menjadi hal krusial bagi setiap perusahaan, baik itu perusahaan kecil maupun besar. Oleh sebab itu hitung dengan benar berapa dana yang bisa dikeluarkan untuk sebuah warehouse management system. Kemudian carilah vendor yang bisa menyediakan software dengan harga yang terjangkau. Umumnya, software yang menggunakan teknologi cloud dapat mengurangi biaya.

4. Pastikan Kemampuan Pelacakan Keluar Masuk Barang

Meskipun dana yang dikeluarkan harus dihitung dengan teliti, tetapi hindari terlalu fokus ke harga. Selain harga, kualitas juga tentunya perlu diperhatikan. Pastikan perangkat lunak yang Anda pilih dapat secara akurat melacak pengiriman masuk dan keluar. Untuk menghindari kesalahan yang disebabkan oleh human error, gunakan fitur barcode yang dapat melacak lokasi barang yang telah dicatat secara rinci.

5. Pilih Software yang Bisa Dikonfigurasi

Konfigurasi merupakan hal yang sangat penting di dalam dunia pergudangan, khususnya konfigurasi costing method dari inventaris. salah satunya untuk metode penyimpanan. Bukan tidak mungkin 1 perusahaan menerapkan metode penyimpanan yang berbeda untuk setiap kategori barang yang berbeda. Pada umumnya ada tiga metode penentuan nilai persediaan yang dapat disesuaikan dengan alur penjualan yang diinginkan perusahaan yaitu FIFO, LIFO, dan Average Cost. Software yang baik juga dapat memfasilitasi penyimpanan berdasarkan tren permintaan konsumen, seperti peletakkan barang yang paling laku di dekat area pengemasan, agar mempercepat proses pengiriman dan memungkinkan penyimpanan barang sesuai kapasitas wadah penyimpanan (handling unit) berdasarkan ukurannya

 

Mengukur Kinerja Warehouse

Mengutip LinkedIn, terdapat beberapa alasan mengapa kita perlu mengukur kinerja dan produktivitas warehouse diantaranya:

  1. Memastikan kepuasan pelanggan
  2. Pastikan bahwa ada budaya perbaikan terus-menerus dalam operasi
  3. Temukan potensi masalah sebelum menjadi masalah besar
  4. Latih staf di area yang tepat
  5. Hadiahi staf jika sesuai

Apa saja yang perlu diukur?

  1. Keandalan  - Pengiriman tepat waktu, rasio pengisian, dan akurasi
  2. Fleksibilitas - Waktu siklus pemesanan dan pemrosesan pesanan pelanggan
  3. Biaya - Persentase penjualan dan produktivitas
  4. Pemanfaatan aset - Penggunaan ruang gudang, staf, dan peralatan penyimpanan secara efisien.

Itulah pembahasan tentang mengoptimalkan fungsi warehouse. Dengan memikirkan pengoptimalan sejak awal, Anda dapat menciptakan ruang untuk beradaptasi dan memodifikasi operasi Anda sesuai kebutuhan bisnis Anda.

 

 

 

Sumber:

https://www.everythingwarehouse.net/15-characteristics-efficient-warehouse/

https://blog.shipper.id/tips/syarat-gudang-yang-baik/

https://learn.g2.com/warehouse-layout

https://www.bigrentz.com/blog/warehouse-layout

https://www.kosta-consulting.com/en/blog/tips-software-gudang/

https://sera.astra.co.id/news/2021/10/mengenal-warehouse-management-system-dan-keuntungannya-untuk-perusahaan#:~:text=Keuntungan%20Warehouse%20Management%20System&text=WMS%20juga%20mempermudah%20Anda%20dalam,yang%20terdapat%20di%20dalam%20sistem.

https://www.linkedin.com/pulse/measuring-increasing-warehouse-performance-neelakanta-rao

12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice