×
STUDILMU Career Advice - Menghadapi Generation Gap di Lingkungan Kerja
Generation Millennials & Z

Menghadapi Generation Gap di Lingkungan Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa itu Generation Gap/Kesenjangan Generasi di Lingkungan Kerja?
Generation gap atau kesenjangan generasi di tempat kerja adalah perbedaan perilaku dan pandangan antara kelompok orang yang lahir pada waktu yang sangat berbeda. Setiap generasi tumbuh dalam konteks yang berbeda dan sebagai akibatnya, mungkin memiliki harapan kerja yang berbeda. Misalnya, anggota generasi pendiam (Silent Generation) biasanya digambarkan sangat konservatif, sementara generasi Baby Boomer mungkin menunjukkan kecenderungan yang lebih liberal. Gen Z sangat bergantung pada teknologi dan nyaman menggunakan platform media sosial, sementara generasi yang lebih tua mungkin lebih menyukai bentuk komunikasi lain.

Bagaimana Cara Menghadapi Kesenjangan Generasi?
Manajemen adalah kunci untuk mendamaikan generasi yang berbeda di tempat kerja. Pengaturan manajemen dapat dikatakan sukses jika memberdayakan karyawan untuk melakukan hal-hal dengan cara mereka sendiri dan mempromosikan budaya untuk terus belajar. Manajer harus mendorong karyawan untuk membawa kreativitas mereka dan memikirkan kembali cara mereka melaksanakan tugas agar terus berproses. Ketika berbicara tentang mengelola generasi muda, generasi yang lebih tua sering merasa terdorong untuk melestarikan, membela dan terkadang memaksakan kebijaksanaan dan pengetahuan yang sama dengan seusia mereka.
Untuk memastikan proses terbaru di perusahaan, sangat penting bagi organisasi untuk memasukkan manajemen perubahan, metodologi yang digunakan untuk melibatkan karyawan sehingga mereka terdorong untuk mendukung tujuan bersama. Sebelum memperkenalkan teknologi baru, manajemen harus bekerja untuk memastikan seluruh staf memahami bagaimana hal itu akan menguntungkan mereka dan perusahaan. Penting juga bagi karyawan untuk menerima pelatihan yang memadai sehingga mereka dapat mulai bekerja dengan alat-alat baru ini.
 

Featured Career Advice