×
STUDILMU Career Advice - Mengenal Tipe Orang yang Sulit, Si Tank.
Emotional Intelligence

Mengenal Tipe Orang yang Sulit, Si Tank.

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa itu tipe Si Tank?
Anda pasti mengetahui Hulk dari film serial Marvel? Tank mugkin bisa terlihat seperti Hulk, biasanya digambarkan sebagai rekan kerja yang memaksa dan agresif. Mereka cenderung bergerak melalui siapa pun di jalan mereka tidak peduli mereka menghalangi atau tidak.
Orang-orang dengan tipe Si Tank cenderung bersikap konfrontatif, terarah, dan mudah marah. Perilakunya agrasif dan mendesak.
Jika Anda menghadapi orang dengan tipe ini, tahan diri Anda. Jangan biarkan Si Tank mengintimidasi atau menggulingkan Anda, tetapi jangan pernah membungkuk untuk menjadi seperti Si Tank itu sendiri. Bersikap tegas namun perlahan, agresif namun damai. Dan pada akhirnya, Tank akan menginjak rem untuk mendengarkan apa yang Anda katakan.

Bagaimana cara menghadapi tipe Tank ini?
Jika dalam pekerjaan atau kehidupan pribadi Anda menemukan orang yang sulit tipe Si Tank, tentu menghindar dan menjauh bukanlah solusi terbaik. Oleh sebab itu kita perlu beradaptasi untuk menghadapi tipe Si Tank. Ketika menghadapi tipe ini tujuan utama Anda adalah mendapatkan respek dari tipe Si Tank. Berikut ini adalah rencana tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi tipe ini:


Langkah 1; Bertahan
Langkah pertama adalah bertahan, tidak melarikan diri atau siap bertempur. Jangan mengubah posisi Anda, baik Anda sedang berdiri, duduk, bersandar, atau berpikir mengambil keputusan. Anda tidak perlu mengambil sikap menyerang atau membela diri. Pandanglah mata si Tank dan perhatikan cara bernapas Anda. Anda harus bernapas pelan dan dalam. Mengatur napas adalah cara yang baik. Untuk mendapatkan kembali kendali diri. Dan sementara Anda sedang memposisikan diri, Tank mempunyai kesempatan untuk menembakkan beberapa pelurunya dengan bebas. Bertahan, pada dasarnya cukup untuk mengundang rasa hormat dari Tank.

Langkah 2; Hentikan Serangan
Cara terbaik untuk menghentikan seseorang, entah sedang berteriak atau tidak adalah dengan menyebutkan nama mereka berulang kali sampai mereka memperhatikan sepenuhnya. Nama depan, nama keluarga, gelar, atau nama apa saja yang Anda pakai dalam hubungan Anda.
Ketika menghadapi Tank yang sedang menyerang, paling baik sebutkan nama mereka berulang kali sampai serangan berhenti. Lima atau enam kali mengulangi biasanya cukup untuk menghentikan Tank, meskipun Tank mencoba mengalahkan suara Anda dengan menaikkan volume suara mereka. Meskipun demikian, bertahanlah dan lanjutkan mengulangi nama mereka sampai mereka benar-benar berhenti.  
Tidak perlu mencoba mengalahkan Tank. Niat Anda adalah berbicara secara asertif, tidak agresif, dan bertahan dengan tenang. Orang agresif sebetulnya menyukai orang asertif yang bisa membela diri, selama keasertifannya tidak dipandang sebagai serangan.

 

Featured Career Advice