×
STUDILMU Career Advice - Mengenal Marketing B2P, Pemasaran dengan Karakteristik Individu
Marketing & Sales

Mengenal Marketing B2P, Pemasaran dengan Karakteristik Individu

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4. Mengerti target pelanggan dan pola membuat keputusan pelanggan

Karena dalam marketing B2P tenaga penjual perlu dalam mengidentifikasi karakter khusus dan unik setiap pelanggannya, maka tengaa penjual B2P pun dapat mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Mungkin memang melelahkan harus memahami target pelanggan satu persatu, namun hal tersebut membuat Anda mengerti bagaimana pelanggan membuat keputusan untuk membeli, apakah karena layanan yang diterima, atau produknya, bahkan dalam produk pun setiap pelanggan memiliki ciri khasnya masing-masing. Ketika Anda sebagai tenaga penjual sudah memahami bagaimana karakteristik setiap pelanggan, untuk selanjutnya, Anda dapat menawarkan produk yang sesuai dengan karakteristik dari pelanggan Anda tersebut.

5. Memberikan pelayanan yang sesuai

Dengan informasi lengkap tentang pelanggan Anda, Anda dapat memberi pelayanan yang terbaik kepada pelanggan Anda dengan sentuhan personal. Pastinya setiap pelanggan memiliki karakteristik masing-masing, seorang pelanggan yang aktif berbicara pasti berbeda dengan pelanggan yang cenderung pendiam. Seorang pelanggan yang aktif berbicara akan lebih senang ketika tenaga penjual dapat memberikan pelayanan seperti seorang teman yang bisa diajak berbicara dengan santai dan hal-hal ringan, sedangkan seorang pelanggan yang pendiam mungkin akan lebih suka dilayani dengan seperlunya tanpa terlalu banya basa-basi oleh sang tenaga penjual. Begitu pula dengan kesukaan mereka terhadap sesuatu, pelanggan akan merasa teristimewakan ketika Anda ingat bahwa warna favorit sang pelanggan adalah hijau, pastinya pelanggan akan merasa terkesan dan memberikan umpan balik yang positif terhadap produk, perusahaan maupun kepada diri Anda sendiri.

Kelebihan yang ada pada marketing B2P membuat jenis pemasaran ini mulai banyak digunakan diberbagai jenis usaha karena keunikannya dalam mengedepankan sisi-sisi kemanusiaan.

Strategi Implementasi B2P Marketing

Strategi yang dapat digunakan dalam marketing B2P antara lain :

1. Membangun website yang baik

Di era teknologi yang semakin maju, website menjadi sarana utama untuk menjangkau pelanggan di mana saja dan kapan pun. Website merupakan cerminan perusahaan, ibaratnya toko yang rapi, bersih dan lengkap pastinya akan lebih menarik pelanggan dibandingkan toko yang cenderung kosong, datar dan kurang rapi. Seperti itu juga website, tampilan awal akan menjadi first impression bagi para pelanggan sehingga penting untuk menampilkan website yang menarik dan juga interaktif. Website interaktif dapat menjadikan sarana komunikasi dua arah kepada pelanggan, misalnya ketika pelanggan ingin menanyakan sesuatu maka pelanggan harus menginfokan kontak seperti nomor telepon dan email pelanggan, lalu customer service dapat menanyakan kebutuhan pelanggan secara personal, bukan robot.

Featured Career Advice