×
STUDILMU Career Advice - Mengenal Copyright
Entrepreneurship

Mengenal Copyright

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

2. Konten website

Konten website bisa dimiliki siapa saja baik individu, lembaga, organisasi, dan perusahaan. Konten website yang mendapatkan copyright meliputi tulisan, gambar, foto, grafis, hingga layout website juga bisa mendapatkn copyright.

3. Program komputer atau ponsel

Program komputer mungkin menjadi salah satu bentuk copyright yang sangat banyak dikenal dan digunakan. Hal ini perlu disadari karena perkembangan teknologi, semakin banyaknya startup berbasis teknologi, serta penggunaan teknologi yang hampir masuk ke dalam segala aspek baik sekolah, pekerjaan, berbisnis, bahkan seorang ibu rumah tangga pun yang memiliki hobi mendesain akan menggunakan program desain yang dikenal. Program komputer seperti Microsoft Office dan Adobe, mungkin menjadi program komputer yang paling dikenal, dan memiliki copyright. Selain paling dikenal, Ms. Office dan Adobe juga dua program komputer yang paling banyak dibajak oleh banyak penggunananya. Tapi sekali lagi, menghargai karya merupakan salah satu bentuk apresiasi kita juga terhadap sang pencipta karya. Perkembangan teknologi juga mulai bermunculannya media pembelajaran online yang bisa diakses di mana pun dan kapan pun, sehingga menjadi sebuah program komputer yang juga dilindungi oleh copyright.

4. Gambar motion atau audio

Gambar motion atau audio mungkin juga menjadi salah satu bentuk yang tidak kita sadari memiliki copyright. Gambar motion atau audio yang terkadang dibajak, biasanya digunakan di website, channel video, podcast atau sarana hiburan atau bahkan pendidika yang tidak menyadari bahwa gambar motion dan audio tersebut merupakan bentuk dari pelanggan hak cipta. Bahkan sebuah Tweet dari Twitter dan postingan dari Instagram pun merupakan sebuah hak cipta, ketika seorang penulis akan memuat sebuah tweet atau postingan dari media sosial, maka sudah seharusnya penulis tersebut meminta izin kepada pemilik akun yang merupakan pencipta dari tweet dan postingan tersebut.

5. Musik

Musik juga menjadi salah karya yang banyak dibajak. Apresiasi yang dapat kita berikan kepada pencipta musik mungkin dengan membeli kaset, CD, piringan hitam atau menggunakan RBT adalah beberapa caranya. Platform digital mendengarkan musik berlogo hitam hijau, mungkin menjadi salah satu platform digital musik terbesar untuk mendengarkan musik serta menghargai pemusik dan karyanya, tapi platform tersebut sebenarnya hanya bentuk pengenalan musik-musik dari pencipta musik kepada masyrakat luas. Kembali lagi, jika ingin menghargai pemusik dengan karya-karyanya, maka tidak ada salahnya untuk membeli baik digital maupun fisik dari karya mereka, mungkin saat ini piringan hitam kembali naik daun dan dinilai memberikan kesan bahwa pemilik piringan hitam memiliki taste musik yang lebih tinggi.

Featured Career Advice