×
STUDILMU Career Advice - Mengenal Aktivitas dan Fungsi Tenaga Penjual Ritel
Marketing & Sales

Mengenal Aktivitas dan Fungsi Tenaga Penjual Ritel

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Untuk berhasil menjadi tenaga penjual yang baik, Anda harus memiliki keterampilan layanan pelanggan yang kuat, hal ini mencakup kemampuan untuk menanggapi keinginan serta kebutuhan pelanggan yang potensial.
 
Seorang tenaga penjual wajib memiliki kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain.
 
Keterampilan Penjualan
Keterampilan penjualan yang baik sangat diperlukan karena seorang Tenaga Penjual harus mampu mempengaruhi pelanggan untuk melakukan pembelian di saat-saat tertentu.
 
Kegigihan
Kegigihan diperlukan untuk menjual produk kepada pelanggan yang mungkin tidak langsung tertarik pada barang yang dijual.
 
Seorang Tenaga Penjual Ritel biasanya menyapa dan menyambut pelanggan dengan cara yang ramah dan menarik. Setelah itu, mereka membantu pelanggan menemukan apa yang pelanggan butuhkan, menjelaskan manfaat dari produk yang dijual untuk membantu pelanggan membuat keputusan membeli produk. 
 
Menyadari promosi, penjualan, dan ketersediaan stok untuk setiap item di toko juga diperlukan untuk melayani pelanggan dengan baik. 
Selain itu, Tenaga Penjual Ritel perlu dapat memberi saran yang baik dengan cara menguasai segala informasi produk yang dijual. Hal ini dapat membantu meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. 
 
Karena layanan pelanggan adalah hal yang penting, maka seorang tenaga penjualan idealnya mendapatkan pelatihan untuk melayani pelanggan secara efisien dan membuat pelanggan merasa diterima, nyaman, dan bersemangat untuk membeli produk yang dijual.
 
Apa Aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh Tenaga Penjual Ritel?
Tenaga Penjual Ritel bertugas untuk menjual barang dan jasa kepada pelanggan. Sebagai Tenaga Penjual Ritel, mereka melakukan banyak hal mulai dari membantu pelanggan memilih barang dagangan hingga memproses pembayaran. Hal-hal inilah yang menjadi aktivitas sehari-hari para Tenaga Penjual Ritel:

Featured Career Advice