×
STUDILMU Career Advice - Mengenal Aktivitas dan Fungsi Tenaga Penjual Ritel
Marketing & Sales

Mengenal Aktivitas dan Fungsi Tenaga Penjual Ritel

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Merekomendasikan solusi
Beberapa tugas terpenting bagi Tenaga Penjual Ritel adalah berbicara dengan pelanggan, menilai kebutuhan dan keinginan mereka, serta merekomendasikan solusi yang tepat. Dalam pekerjaan tenaga penjual, Anda perlu menjadi ahli yang menguasai produk (product knowledge) yang Anda jual supaya mampu memberikan saran yang terbaik dan menjawab permasalahan pelanggan.
 
Menjawab pertanyaan
Tenaga Penjual Ritel sering menangani tugas layanan pelanggan seperti menjawab pertanyaan dan menjelaskan kebijakan. Sebagai Tenaga Penjual Ritel, Anda dapat membantu pelanggan menemukan produk di toko atau menanggapi pertanyaan pelanggan tentang harga atau fungsi produk.
 
Merchandiser
Tenaga Penjual Ritel menggunakan demonstrasi produk atau layanan lainnya dengan tujuan untuk menghasilkan penjualan. Dalam pekerjaan ini, Anda dapat memandu pelanggan melalui tutorial dengan bantuan teknologi, menyiapkan resep, ataupun membantu pembeli yang ingin mencoba pakaian yang dijual.
 
Saran tentang promosi
Untuk mendorong penjualan barang dan jasa, tenaga penjual ritel sering kali bertanggung jawab untuk memberikan info promosi dan diskon yang sedang berlangsung ke pelanggan. Dalam peran ini,  Tenaga Penjual Ritel dapat menjelaskan pedoman promosi dan menghitung harga jual untuk meyakinkan pelanggan keuntungan yang mereka peroleh.
 
Proses pembelian
Dalam banyak kasus, Tenaga Penjual Ritel menangani pembayaran pelanggan. Dalam posisi ini, Anda dapat menggunakan alat bantu, software, alat pemindai harga (scan) terlebih dahulu sebelum menerima alat pembayaran seperti uang tunai, cek, kartu kredit, atau bentuk pembayaran lainnya. 
 
Selain itu, seorang Penjual tenaga Ritel juga memiliki tanggung jawab lainnya, selain hari-hari biasa, Penjual Ritel juga bertugas untuk membersihkan rak, konter, dan meja. Seorang Tenaga Penjual Ritel juga dapat memperkirakan jumlah dan biaya barang dagangan yang dibutuhkan.
Setiap minggu atau bulanan, Penjual Ritel melakukan pemesanan khusus atau menghubungi produsen untuk menemukan barang yang akan dijual di Toko. Mereka mungkin juga menukar produk yang rusak dan menerima pengembalian barang.
 
Mereka menjual atau mengatur pengiriman, asuransi, pembiayaan, atau kontrak layanan untuk barang dagangan. Meskipun harga tersebut dapat bervariasi, banyak dari mereka memperkirakan biaya perbaikan atau perubahan barang dagangan.
Untuk beberapa Penjual Eceran/Grosir, Tenaga Penjual Ritel juga bertanggung jawab untuk mengatur, dan menampilkan barang dagangan untuk mempromosikan penjualan di Toko.

Fungsi dari Tenaga Penjual Ritel
Jika dilihat dari aktivitas yag dilakukan oleh Penjual Ritel, maka Tenaga Penjual Ritel merupakan bagian yang paling penting dari proses penjualan dan memiliki fungsi yang paling penting dari sebuah proses bisnis khususnya penjualan ke konsumen. Dari hal-hal tersebut maka seorang Tenaga Penjual Ritel dapat di fungsi kan untuk:
 
1. Mempermudah Konsumen untuk memilih produk yang dibutuhkan 
Bila konsumen merasa kebingungan untuk memilih produk yang mereka butuhkan, disitulah peran seorang Tenaga Penjual Ritel. Tenaga Penjual Ritel ber  fungsi untuk memilihkan barang/jasa yang dijual dan menawarkan nya kepada konsumen untuk membantu mereka. 
 
2. Sebagai Penghubung antara Produsen/Grosir Dengan Konsumen 
Seorang Tenaga Penjual ritel juga memiliki fungsi untuk menjadi penghubung antara produsen dan dan penjual grosir, karena mereka dapat membantu proses penjualan untuk sampai ke tangan konsumen akhir. Tenaga Penjual Ritel juga dapat ber peran untuk menangani layanan purna jual dan menangani  keluhan konsumen. 
 
3. Fungsi Pemasaran Produk Membantu Proses Promosi Produk
Tenaga Penjual Ritel juga ber  fungsi untuk membantu proses Promosi Produk. Pada saat pemasaran berlangsung, produk-produk tersebut dapat di promosikan dengan berbagai cara, seperti iklan, katalog, maupun yang lainnya.
 
4. Ber fungsi sebagai penghubung informasi antara produsen dan Konsumen
Dalam cara kerja nya, produsen akan memberikan informasi mengenai bentuk dan cara penggunaan sebuah produk, lalu Tenaga Penjual Ritel lah yang memberikan atau menjelaskan informasi tersebut kepada konsumen. 
 
Jadi, tertarik untuk menekuni profesi sebagai tenaga penjual ritel?
 
 
Source: 
https://resources.workable.com/retail-sales-representative-job-description 
https://www.thebalancecareers.com/retail-salesperson-526064    
https://www.indeed.com/career-advice/careers/what-does-a-retail-sales-associate-do  
What Do Retail Salespersons Do (including Their Typical Day At Work) (owlguru.com) 
https://managementstudyguide.com/what-is-retail.htm 
 
1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice