×
STUDILMU Career Advice - Menerapkan Grit di Tempat Kerja
Productivity

Menerapkan Grit di Tempat Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

3. Belajar dari kesalahan

Semua orang pastinya pernah gagal, tidak pernah ada orang yang sempurna dalam mengerjakan segala hal. Orang dengan grit biasaya akan belajar dari kesalahan yang telah dibuatnya, yang berbeda adalah mereka tidak pernah menyerah. Trial and error mungkin menjadi makanan mereka, tapi mereka tidak akan pernah merasa menyerah akan apa yang mereka sedang kerjakan dan lebih bergairah ketika melalukan kesalahan. Belajar dari kesalahan membuat mereka lebih memahami bahwa banyak cara mencapai tujuan, sehingga orang dengan grit akan menjadi lebih kreatif dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan diri mereka

Menjadikan grit dalam aspek kehidupan dapat membawa pengaruh yang baik dalam hidup, bukan hanya dipekerjaan tapi juga dalam kehidupan secara keseluruhan. Menjadi usia produktif, sangat perlu untuk memiliki grit dalam pekerjaan dimana sebagian hari dan hidup kita dihabiskan untuk lebih berkembang dan meningkatkan kualitas diri.

Cara Meningkatkan Grit di Tempat kerja

Grit pastinya bisa diterapkan pada segala aspek kehidupannya, salah satunya di tempat kerja. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa jika grit diterapkan di tempat kerja maka banyak sekali manfaat yang didapatkan, seperti kepemimpinan, performa dan kepuasan kerja. Berikut merupakan cara meningkatkan grit di tempat kerja :

1. Temukan minat

Minat adalah sesuatu hal yang bukan merupakan keahlian yang sudah kita miliki, tapi merupakan sesuatu yang akan membawa dan menginspirasi kita untuk meningkatkan kualitas diri untuk bisa menjadi individu yang lebih baik. Seperti pencarian lain dalam hidup kita, minat juga memberikan kita tantangan dan kesulitan tapi juga sebuah proses untuk membawa diri kita untuk menjadi lebih baik dengan cara yang positif.

Di tempat kita bekerja, kita tidak selalu dapat memilih apa yang kita kejar, dalam artian kita dapat mengerjakan apa yang sudah menjadi tugas kita, tidak ada salahnya untuk termotivasi mendapatkan karir yang lebih baik tapi juga diimbangi dengan hasil kerja yang baik. Duckworth mengatakan bahwa orang-orang dengan grit yang ada di dalam dirinya lebih memiliki motivasi dibandingkan orang lainnya untuk mencari makna dalam segala hal di dalam hidupnya. Sehingga dapat dikatakan, ketika kita bekerja setiap hari, pastikan bahwa aktivitas pekerjaan yang kita lakukan merupakan hal yang menyenangkan dan membangkitkan antusiasme yang lebih, atau bahkan membuat aktivitas yang dilakukan menjadi lebih menyenangkan.

Featured Career Advice