×
STUDILMU Career Advice - Mendesain Proses Hiring yang Berbeda
Teamwork & Collaboration

Mendesain Proses Hiring yang Berbeda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa itu Hiring?

Hiring adalah proses ketika organisasi Anda membutuhkan karyawans baru, mengumumkan lowongan yang ada, menerima lamaran dari para kandidat dan memilih seorang kandidat. Atau bahasa yang lebih sederhana, hiring artinya sebuah organisasi, usaha atau perusahaan sedang membutuhkan seorang karyawan baru untuk mengisi sebuah posisi pekerjaan yang membantu berjalannya usaha untuk mencapai tujuan bersama perusahaan. Saat ini biasanya proses hiring dilakukan secara melalui portal kerja, website perusahaan atau pun melalui media sosial dimana biasanya mereka mencantumkan tulisan “We’re Hiring” atau “We Are Hiring” pada postingan media sosial atau pada website organisasi atau perusahaan. Proses hiring ini biasanya dilakukan oleh divisi atau bagian Human Resource Departement atau Personalia yang mana ketika sedang dibuka lowongan maka ada seorang hiring manager yang mengatur proses hiring tersebut. Hiring manager adalah mereka yang bertanggung jawab untuk mempekerjakan karyawan untuk mengisi lowongan yang sedang dibuka pada sebuah organisasi. Proses hiring bervariasi dan berbeda dari setiap organisasi bahkan untuk setiap staff HRD, tergantung bagaimana wawasan dan pengetahuan sang HRD dalam membuat proses hiring menjadi menarik. Mendesain proses hiring yang berbeda sudah saatnya dilakukan oleh para HRD guna menyesuaikan dengan generasi milenial saat ini yang lebih kreatif dan inovasi dalam melakukan pekerjaan.

Bagaimana Mendesain Proses Hiring yang Berbeda?

Dilansir dari artikel Harvard Business Review berjudul “How to Design a Better Hiring Process” yang ditulis oleh Alex Haimann seorang Partner and the Head of Business Development di Less Annoying CRM mengemukakan ada 4 tahapan dalam mendesain proses hiring yang lebih menarik, antara lain :

1. Questions / Pertanyaan

Anda perlu membuat struktur interview berkaitan dengan keahlian yang Anda cari dari tiap kandidat dan memberikan mereka kesempatan untuk menunjukan keahlian-keahlian tersebut. Karena tidak ada dua kandidat yang sama persis. Anda dapat menanyakan beberapa pertanyaan berikut selama 45 hingga 90 menit pertama antara lain :

a. “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?”

Pertanyaan ini bertujuan untuk menguji persiapaan peserta, di mana pertanyaan yang sangat mudah dicari, kandidat pun bisa dengan mudah mencarinya di mesin pencari untuk mendapatkan jawaban.

Halaman Sebelumnya 1234

Featured Career Advice