×
STUDILMU Career Advice - Mendesain Proses Hiring yang Berbeda
Teamwork & Collaboration

Mendesain Proses Hiring yang Berbeda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Tugas tertulis yang diberikan kepada karyawan dapat ditentukan dengan tema spesifik sesuai dengan posisi yang yang dilamarnya. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan kandidat untuk posisi customer service contoh email marah dari seorang pelanggan, juga contoh email balasan yang mencerminkan kepribadian dari organisasi. Anda bisa meminta kandidat untuk menirukan balasan kepada pelanggan yang mencerminkan pribadi dari organisasi berdasarkan citra diri mereka.

Ketika proses rekrutment dan seleksi dilakukan di kantor, Anda bisa memberikan waktu kandidat selama 30-45 menit di ruang yang tenang untuk menyelesaikan tugas menulis, sedangkan secara virtual Anda bisa memberikan waktu selama 30-45 menit untuk memberikan waktu kandidat untuk menyelesaikannya. Setelah mereka selesai, Anda bisa kembali kepada kandidat dan mengulas tugas tulisan mereka. Anda bisa menanyakan mengapa mereka memilih frasa, atau struktur tersebut pada sebagai umpan balik di tugas tersebut. Jawaban para kandidat pun membuat Anda dapat melihat seberapa kandidat dapat berpikir secara kritis tentang komposisi dan suara, dan menunjukkan perhatiannya terhadap secara keseluruhan kasus pada tugas yang diberikan serta respon mereka.

4. Games / Permainan

Pastinya Anda sebagai orang yang akan mempekerjakan karyawan baru ingin mengetahui bagaimana kandidat akan berinteraksi dengan rekan kerja mereka dari hari ke hari. Maka pada saat Anda melakukan proses rekrument dan seleksi dapat mendesain peer interactions tentang board games yang menantang para pemain untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Secara virtual, Anda bisa merancang permainan seperti Codenames, yang membuat lebih mudah untuk dimainkan dengan sistem remote, tapi masih ada unsur kolaborasi di dalam permainan tersebut. Tujuan dari diadakannya permaian ini antara kandidat dan anggota tim adalah mengetahui bagaimana kandidat berinteraksi dengan anggota tim dan menunjukkan kepada mereka bahwa organisasi Anda adalah tempat yang menyenangkan untuk bekerja.

Karena dalam permainan ini kandidat akan berinteraksi langsung dengan para anggota tim, pasti sebagai orang baru dalam tim tersebut mereka tidak akan langsung terbuka untuk hal-hal mendasark seperti latar belakang atau hal yang diminati. Sehingga diusahakan untuk membuat kandidat memiliki kesamaan dengan beberapa anggota tim, meskipun setelah para kandidat bergabung maka mereka harus merasa nyaman berada di dalam tim yang memiliki perbedaan latar belakang, ketertarikan dan lain sebagainya.

Keempat tahapan tersebut bisa menjadi penyegar untuk para HRD dalam melakukan proses hiring yang lebih menarik dan berbeda. HRD dan user pun dapat lebih mengetahui kandidatnya baik secara kemampuan spesifik, komunikasi, menulis, serta kolaborasi dengan para anggota tim. Jadi, apakah Anda sudah mendesain proses hiring menjadi lebih menarik?

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice