STUDILMU Career Advice - Mencapai Sukses Melalui Komunikasi yang Efektif

Mencapai Sukses Melalui Komunikasi yang Efektif


by Studilmu Editor
Posted on Oct 07, 2018

 
Para pemberi kerja mengharapkan para karyawan mempunya keterampilan seperti mengorganisasikan ide dan informasi secara koheren secara lengkap, mengungkapkan dan menyajikan ide dan informasi secara koheren dan persuasif, mendengarkan orang lain secara efektif, berkomunikasi secara efektif dengan orang lain dari berbagai latar belakang dan pengalaman, menggunakan teknologi komunikasi secara efektif, berkomunikasi dengan bersikap sopan dan beradab yang mencerminkan etiket bisnis yang sesuai harapan, dan berkomunikasi secara etis meskipun dengan pilihan yang ada tidak terlalu jelas. 
 
Menurut Stephen Covey, komunikasi merupakan keterampilan yang penting dalam hidup manusia. Unsur yang paling penting dalam berkomunikasi adalah bukan sekedar apa yang kita tulis atau yang kita katakan, tetapi bagaimana kita menyampaikan pesan kepada penerima pesan. Penerima pesan tidak hanya sekedar mendengar kalimat yang disampaikan tetapi juga membaca dan menilai sikap kita. Jadi syarat utama dalam komunikasi yang efektif adalah karakter kokoh yang dibangun dari fondasi etika serta integritas pribadi yang kuat.
 
Tidak peduli seberapa berbakatnya seseorang, betapapun unggulnya sebuah tim atau seberapapun kuatnya kasus hukum, keberhasilan tidak akan diperoleh tanpa penguasaan keterampilan komunikasi yang efektif. Keterampilan melakukan komunikasi yang efektif akan berperan besar dalam mendukung pencapaian tujuan dari seluruh aktivitas. Untuk dapat melakukan komunikasi yang efektif, maka kemampuan untuk mengirimkan pesan atau informasi yang baik, kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik, serta keterampilan menggunakan berbagai media atau alat audio visual merupakan bagian yang sangat penting. 
 
Komunikasi bisnis berbeda dari komunikasi sosial. Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran pesan atau informasi untuk mencapai efektivitas dan efisiensi produk kerja di dalam struktur (jenjang / level) dan sistem organisasi yang kondusif. Dalam kegiatan komunikasi bisnis, pesan hendaknya tidak hanya sekedar informatif, yaitu agar pihak lain mengerti dan tahu, tetapi juga haruslah Persuasif, agar pihak lain bersedia menerima suatu paham atau keyakinan atau melakukan suatu perbuatan atau kegiatan. Komunikasi yang beretika sangat penting terutama dalam bisnis karena komunikasi adalah wajah publik bagi perusahaan, itulah sebabnya usaha
komunikasi secara intens diteliti dengan cermat oleh pemangku kepentingan (stakeholder).  
 
Komunikasi bisnis yang efektif merupakan hal penting bagi kesuksesan karena mempengaruhi presepsi orang lain terhadap anda sebagai professional bisnis. Selain itu, karena komunikasi memainkan peran kunci dalam usaha memperbaiki efisiensi, kualitas, tingkat respon, dan inovasi, maka komunikasi anda mempengaruhi kesuksesan perusahaan anda. Sejalan dengan meningkatnya karir anda dan anda mencapai posisi dengan tanggung jawab yang lebih besar terhadap organisasi, komunikasi akan menjadi bagian yang semakin penting dan semakin tampak jelas dalam pekerjaan anda.
 
Jika ingin menyelenggarakan training Komunikasi, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com  

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z

3 Kondisi Kerja yang Menekan dan Cara Menghadapinya

15 Ciri Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif Dalam Pengembangan Karier

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

12 Bahasa Tubuh Yang Dihindari Pada Wawancara Kerja

3 Cara Menjadi Diri Sendiri

Cara Kerja di Perusahaan Baru

3 Tips Merespon Pekerjaan Tambahan

Ingin Hasil Kerja Lebih Baik? Lakukan 8 Hal ini.

Pengalaman Interview Seseorang

4 Cara Negosiasi Yang Efektif

Menjaga Komitmen Kerja

6 Hal Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

40 Kata-Kata Motivasi Kerja

7 Strategi Manajemen Waktu

3 Cara Menghadapi Kesulitan

Wawancara Kerja: Hobi, Pengalaman dan Kesuksesan

4 Cara Meraih Kesuksesan Di Bidang Penjualan

3 Cara Utama Menjadi Wanita Karier Hebat Indonesia

Perbedaan Empati dan Simpati

8 Cara Menghadapi Lingkungan Kerja yang Sulit

2 Cara Keluar Dari Zona Nyaman

3 Cara Agar Sukses di Usia Muda

7 Cara Hidup Bahagia

15 Cara Agar Berhasil Melewati Wawancara Kerja