×
STUDILMU Career Advice - Membuat Lingkungan Kerja yang Baik untuk Generasi Millenial dan Gen Z
Generation Millennials & Z

Membuat Lingkungan Kerja yang Baik untuk Generasi Millenial dan Gen Z

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa sih yang biasanya Generasi Milenial dan Gen Z inginkan di tempat kerja?
Perbedaan cara pandang dan tantangan yang berbeda bagi tiap generasi, membuat perspektif dan kultur yang berbeda pula, Milenial dan Gen Z baru masuk ke dalam dunia kerja yang berarti adanya generasi ini membuat sistem baru dengan sifat dan keterampilan yang generasi ini miliki, dengan perbedaan tersebut, terdapat pula harapan dari pekerja generasi Milenial dan Gen Z untuk perusahaan tempat mereka bekerja, berikut ini adalah penjelasannya:


1.  Gen Z dan Milenial menginginkan atasan yang peduli dengan kesejahteraan (well-being).
Millenial dan Gen Z lebih memilih perusahaan yang mengedepankan kesejahteraan karyawan. Kesejahteraan yang dimaksud adalah kesejahteraan mental dan fisik. Jika orang-orang di organisasi Anda tidak sehat, secara fisik dan emosional maka hal ini juga berdampak pada organisasi yang juga tidak sehat. Sikap organisasi terhadap kesejahteraan karyawan telah lama menjadi faktor utama dimana orang ingin bekerja dan bagaimana perasaan mereka tentang atasan mereka saat ini. Generasi Milenial dan Gen Z lebih mengutamakan kesehatan mental mereka terhadap pekerjaannya.

2.  Gen Z dan Milenial ingin pemimpin mereka beretika.
Generasi Milenial dan gen Z lebih mengutamakan perusahaan yang memiliki pemimpin yang tidak seenaknya dan memiliki etika yang baik terhadap karyawan. Terdapat masalah yang lebih dalam di dalam tim yang berisi Gen Z dan Milenial, yaitu: nilai kepercayaan dari tim. Ketika semua anggota tim saling percaya, semuanya bekerja lebih baik. Dengan mempercayai satu sama lain dengan rekan kerja, maka pekerjaan akan terasa lebih berkualitas.  Kuncinya adalah setiap orang dari tiap generasi ini saling percaya satu sama lainnya.

3.  Generasi Milenial dan Gen Z lebih menginginkan pemimpin yang terbuka dan transparan.

Generasi Milenial memiliki keinginan yang unik, mereka menginginkan pemimpin yang terbuka dan transparan. Milenial juga menerima pesan yang beragam tentang ekonomi yang kuat secara fundamental.  Akibatnya, Generasi Milenial yang sedang berusia 30-an mungkin memiliki lebih banyak pendekatan lebih memverifikasi sesuatu terlebih dahulu sebelum mempercayai sesuatu apalagi terhadap kepositifan perusahaan. Jika Anda memiliki banyak Generasi Milenial di organisasi Anda, mereka mungkin menginginkan lebih banyak fakta, data, dan validasi pihak ketiga untuk merasa percaya diri dengan kepemimpinan di dalam suatu perusahaan.

 

Featured Career Advice