×
STUDILMU Career Advice - Membuat Laporan dengan Efektif Menggunakan Pivot Table
Tips of Management

Membuat Laporan dengan Efektif Menggunakan Pivot Table

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Langkah-Langkah Membuat Pivot Table

Setelah mengetahui apa saja manfaat serta istilah-istilah dalam Pivot Table, selanjutnya Anda akan mempelajari bagaimana cara menggunakan Privot Table pada Microsoft Excel untuk membuat laporan ataupun analisis data. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih data yang akan dibuat Pivot Table

Untuk langkah pertama, pilihlah data yang akan diolah. Range data ini dapat Anda beri nama agar lebih mudah diidentifikasi berikutnya.

  1. Mengubah data tabel sederhana menjadi Pivot Table

Setelah membuat tabel berdasarkan data yang Anda pilih, langkah selanjutnya pilih Tab INSERT kemudian pilih PivotTable.

  1. Pilih Tempat untuk menempatkan laporan data Pivot Table

Setelah memilih PivotTable, akan muncul window box tertulis “Create PivotTable”. Dalam window box tersebut, terdapat 2 pilihan yang berfungsi untuk menempatkan laporan Pivot Table, pertama pada kertas kerja yang baru (New Worksheet) atau pada kertas kerja yang ada (Existing Worksheet). Namun disarankan untuk menggunakan kertas kerja baru (New Worksheet) agar data sebelumnya tidak terganggu. Setelah anda memilih New Worksheet, maka anda klik OK untuk melanjutkan.

  1. Mengatur Pivot Table Fields

Setelah mengikuti langkah sebelumnya, maka secara otomatis akan muncul sheet baru yang telah berisi layout Pivot Table kosong pada sebelah kiri. Pada sebelah kanan muncul layout bernama “Pivot Table Field List”. Layout Pivot Table pada sebelah kiri merupakan area Pivot Table akan ditampilkan. Kemudian, Pivot Table Field List merupakan pengaturan data Pivot Table yang ditempatkan di are Rows, Columns, Values atau Filter.

Langkah selanjutnya yaitu memilih Fields yang ditampilkan di Pivot Table yang ada di Rows, Columns, Values, atau Filter. Data yang ada di Rows dan Columns biasanya terdiri dari data non numerik dan data numerik akan ditempatkan pada Values. Bila perlu, bisa menggunakan filter, data yang masuk dalam Filter dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Itulah tahapan untuk membuat Pivot Table Excel yang bisa Anda terapkan di lingkungan kerja Anda. Sesuaikanlah tampilan Pivot Table berdasarkan kebutuhan analisis Anda. Selamat mencoba ya!

 

 

Sumber:

Mcfedries, P. (2010). Microsoft Excel Pivot Tables and Pivot Charts 2nd ed.

Zainal, M. (2016). Laporan praktikum Basis Data. 150535604934.

https://support.microsoft.com/id-id/office/membuat-pivottable-untuk-menganalisis-data-lembar-kerja-a9a84538-bfe9-40a9-a8e9-f99134456576

12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice